Tuesday, June 25, 2024
Home > Kota > TK JIS Ditutup Karena Tidak Berizin

TK JIS Ditutup Karena Tidak Berizin

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya menjatuhkan sanksi penutupan sementara proses belajar di Taman Kanak-kanak Jakarta International School (TK JIS), usai terjadi kekerasan seksual yang menimpa siswanya.

Direktur Jenderal Pauddni, Kemendikbud, Lidya Freyani Hawadi, Sabtu 19 April 2014, menegaskan penutupan tersebut dilakukan untuk pengusutan kasus karena pihak JIS tidak kooperatif.

“Penutupan sementara itu akan dilakukan dari mulai Senin besok hingga satu bulan ke depan,” katanya di Jakarta.

Lidya menjelaskan, surat penutupan sementara ini sudah disetujui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak Kamis kemarin.. Mendikbud menyetujui penutupan sementara TK JIS sampai batas waktu satu bulan ke depan.

“Ini untuk mempermudah tim bekerja menginvestigasi atas kasus ini. Selama ini tim dihalangi dan pihak JIS tidak kooperatif membantu tim investigasi,” ungkapnya.

Penutupan ini kareena akte pendirian TK JIS hingga saat ini tidak pernah ada, sehingga keberadaan sekolah ini bisa dianggap ilegal. Sebab, semua sekolah yang beroperasi di Indonesia harus mendapat izin dari Kemendikbud.

Permasalahan administrasi ini, juga yang menentukan sanksi lanjutan yang akan diterima JIS, setelah sanksi sementara diberlakukan dalam proses pengawasan pelecehan seksual di TK tersebut.

Selama sekolah ditutup, para siswa TK diliburkan hingga keputusan sanksi sementara dicabut. “Ini tidak akang mengganggu mereka. Ini jutru akan mempermudah komunikasi siswa dengan orangtua di rumah. Ini juga akan menenangkan orangtua,” tutur Lidya.

Bila terpaksa ditutup permanen, tambahnya, para siswa TK JIS akan dipindahkan kesekolah yang lain. Pemindahan ini dilakukan untuk melindungi hak anak mendapatkan pendidikan lebih baik(AL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru