Tuesday, October 27, 2020
Home > Kota > Situs Gunung Padang Dipastikan Sebagai Bangunan Purba Terbesar Di Dunia

Situs Gunung Padang Dipastikan Sebagai Bangunan Purba Terbesar Di Dunia

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Para peneliti dan ilmuwan berbagai ilmu yang telah melakukan riset bertahun-tahun di Situs Gunung Padang akhirnya menyimpulkan , situs yang terletak di Cianjur, Jawa Barat ini merupakan bangunan purbakala terbesar dunia.

Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Ali Akbar mengatakan kepastian hasil riset ilmiah ini menjadi kado buat rakyat, khususnya bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Berdasarkan hasil riset terakhir diketahui bahwa Situs Gunung Padang Para peneliti dan ilmuwan berbagai ilmu yang telah melakukan riset bertahun-tahun di Situs Gunung Padang yang terletak di Cianjur, Jawa Barat ini menyimpulkan situs itu merupakan bangunan purbakala terbesar dunia.
Semoga hasil riset ini dapat menambah kepercayaan diri dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan,” tulis Ali dalam rilis yang diterima Minggu (17/8/2014).

Ali mengatakan situs Gunung Padang memiliki luas 29 hektar dengan tinggi 220 meter. Sebagai perbandingan, tinggi piramida di Mesir sekitar 150 meter. Situs Gunung Padang dibangun atau dihuni selama beberapa periode.

“Salah satu periode penghunian yang terungkap di Gunung Padang adalah dari tahun 5200 Sebelum Masehi. Sebagai perbandingan, usia piramida di Mesir sekitar 2500 sebelum Masehi,” lanjutnya.

Pada hari ini bertepatan dengan 17 Agustus digelar upacara bendera di Situs Gunung Padang. Menurutnya, inilah pertama kalinya dilakukan upacara di Situs Gunung Padang.

“Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2014 ini berkumandang di Gunung Padang. Para peneliti yang seluruhnya berasal dari Indonesia memproklamirkan situs Gunung Padang sebagai monumen peradaban terbesar di dunia,” imbuh Ali.

Bangsa ini pernah menjadi bangsa dengan peradaban besar di masa lalu. Dengan momentum Hari Kemerdekaan, kita raih kembali kegemilangan seperti yang pernah dicapai para leluhur bangsa. Kini saatnya anak bangsa yang berperan. Dengan semangat kemerdekaan dan anugrah peradaban, mari kita berperan dalam setiap lini kehidupan untuk bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia,” katanya (Ais).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru