Tuesday, January 19, 2021
Home > Berita > Septian DKK tundukkan Filipina 3-0 di Shah Alam

Septian DKK tundukkan Filipina 3-0 di Shah Alam

Ezra Walian memainkan peran penting ketika Indonesia menggulung Filipina 3-0 di Stadion Shah Alam Malaysia, Kamis malam. (bola.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Kuala Lumpur) – Indonesia mendapat kado amat mengesankan pada hari kemerdekaan ke-72,  ketika pada lanjutan laga sepak bola SEA Games 2017 Timnas U-22 menundukkan Filipina 3-0.

Pada pertandingan kedua penyisihan Grup B yang dihelat di Shah Alam Stadium Malaysia, Kamis malam, angka kemenangan Indonesia dicetak Septian David Maulana pada menit ketujuh, ditambah M Hargianto menit ke-47 dan Saddil Ramdhani di menit ke-57.

Pada awal babak pertama, setelah wasit meniup pluit, Timnas Indonesia langsung melakukan inisiatif menyerang.

Serangan cepat lewat sisi kanan yang diawali aksi Putu Gede yang melakukan umpan tarik, diselesaikan dengan sempurna oleh Septian David Maulana pada menit ketujuh.  Ini menjadi gol kedua sang pemain handal itu, setelah pada laga pertama juga mencetak gol lewat titik putih saat melawan Thailand.

Gol kedua di cetak di penghujung babak pertama, bermula dari kombinasi operan satu dua yang sangat apik antara Ezra Walian dan Septian David Maulana.  Septian berhasil memberi umpan cantik kepada Muhamad Hargianto, sehingga menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0 dan kedudukan bertahan hingga turun minum.

Begitu pluit babak kedua dimulai, kedua tim saling jual beli serangan dan pada menit 48 tim Merah Putih nyaris menambah keunggulan, ketika Ezra Walian memberikan operan panjang kepada Yabes Roni, tapi sepakan Yabes mengarah lemah ke mulut gawang lawan.

Filipina sempat mengancam gawang Indonesia melalui Gayoso di menit 54, tapi tendangannya masih bisa di tepis penjaga gawang Kurniawan Kartika.

Garuda Muda berhasil menambah gol pada menit ke-59 melalui Saddil Ramdhani, setelah mengecoh satu pemain Filipina dan tendangan keras dari luar kotak penaltinya berhasil mengarah ke sisi pojok kiri gawang penjaga gawang Filipina, 3-0.

Untuk menambah daya dobrak, pelatih Timnas U 22 Luis Milla melakukan pergantian pemain, Osvaldo Haay masuk menggantikan Septian David.  Masuknya Haay membuat serangan  Indonesia kian tajam.

Setelah Osvaldo Haay masuk, ia langsung mendapat peluang untuk mencetak gol setelah melewati kiper Filipina, sayang peluang yang ia miliki belum bisa di manfaatkan secara maksimal.

Pada menit ke 81, Ezra mampu mencuri bola dari penguasaan pemain Filipina dan menggiring ke kotak penalti.  Ia sempat menyepak si kulit bundar tapi mampu dihalau pemain lawan dan berujung sepak pojok.

Hingga pluit akhir berbunyi, skor 3-0 tidak berubah untuk kemenangan Indonesia.

Dengan tambahan tiga poin ini, Timnas Indonesia berhasil naik ke peringkat kedua klasemen dengan simpanan empat poin, selisih dua angka dengan pemuncak klasemen sementara Vietnam dengan 6 point, dan Filipina berada di posisi ketiga dengan tiga poin.

Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia akan melawan Timor Leste, Minggu (20-8-2017) WIB.  (Hafidz AA/hcb/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru