Saturday, October 31, 2020
Home > Berita > Presiden Jokowi Akan Hadiri HPN 2016 di Lombok

Presiden Jokowi Akan Hadiri HPN 2016 di Lombok

Presiden Jokowi Pastikan Hadiri HPN 2016.

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan semakin bersemarak karena Presiden Jokowi memastikan akan hadir.

Puncak acara HPN 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB),  pada 9 Februari dan Presiden menyatakan keinginannya untuk hadir ketika menerima para pengurus PWI dan panitia HPN di Istana Negara, minggu ini.

“Saya ingin datang dan sudah blok waktu sehingga tidak ada kegiatan lain pada waktu itu,” ujar Jokowi memastikan kedatangannya.

Jokowi menyayangkan ia tidak hadir pada HPN 2015 di Batam, Kepulauan Riau, karena di saat bersamaan melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Dari panitia penyelenggara HPN 2016 hadir Penanggung jawab HPN 2016 Margiono yang juga ketua PWI dan Ketua Panitia HPN 2016 Teguh Santosa.

Juga hadir Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Ishadi SK, Ketua Forum Pemred Suryopratomo, Sekjen Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jamalul Insan dan anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi dan lainnya.

Margiono melaporkan sejumlah kegiatan utama HPN 2016, seperti pelayaran wartawan dengan menggunakan KRI Makassar dari Pangkalan Utama Armada Timur TNI AL Ujung, Surabaya menuju Pantai Senggigi di Lombok.

Sejumlah pejabat juga sudah memastikan diri ikut dalam pelayaran itu seperti Ketua DPD RI Irman Gusman, Menko Maritim dan Sumber Daya Alam Rizal Ramli, serta KSAL Laksamana Ade Supandi.

Selain itu, penyelanggara juga akan menggelar operasi katarak di Lombok dan Sumbawa.

“NTB adalah daerah dengan penderita katarak tertinggi di dunia. Kami harapkan kegiatan ini dapat membantu meringankan beban saudara kita di sana. Selain itu, Visi 2020 pemerintah adalah menurunkan tingkat penderita katarak di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Panitia Teguh Santosa mengatakan tema HPN 2016 adalah Pers yang Merdeka Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara. Dalam HPN kali ini, penyelenggara meramu berbagai upaya untuk meningkatkan mutu jurnalisme Indonesia, termasuk kompetensi insan pers, dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Puncak acara HPN 2016 akan diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, persis di lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata NTB.

Selain mendengarkan amanat Presiden RI, dalam acara puncak ini juga akan diserahkan penghargaan Anugerah Adinegoro, Anugerah Kebudayaan dan Spirit of Journalism. Selain itu juga akan ditandatangani sejumlah inisiatif seperti pencanangan Induk Koperasi Wartawan, dan pembangunan Politeknik Pariwisata NTB.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru