Tuesday, October 26, 2021
Home > Internasional > Pilot MH 370 Dalam Proses Cerai, Dugaan Bunuh Diri Menguat

Pilot MH 370 Dalam Proses Cerai, Dugaan Bunuh Diri Menguat

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta): Dugaan bunuh diri yang dilakukan Kapten Zaharie Ahmad Shah, pilot MH370 yang jatuh di Samudra Hindia, menguat. The New Zeland Herald, dan The Telegraoh London, mengungkap fakta bahwa sang pilot tengah mengalami masalah rumah tangga dan dalam proses perceraian saat menerbangkan pesawat nahas tersebut.

Seperti dikutip The New Zealand Herald, Rabu (26/3/2014), seorang pilot yang enggan disebutkan namanya, mengatakan Kapten Zaharie telah berpisah dari dari istrinya dan sudah menjalin hubungan baru dengan perempuan lain.

Sumber The New Zealand Herald, Rabu (26/3/2014), yang merupakan teman lama Kapten Zaharie itu mengatakan pilot nahas tersebut tengah dalam kondisi depresi dan sangat terpukul atas perceraian tersebut. Penerbangan MH370 menjadi penerbangan terakhir Zaharie.

Surat kabar ternama Inggris, The Telegraph mengungkap informasi bahwa ada kemungkinan pilot MH370, Zaharie Ahmad Shah telah melakukan aksi bunuh diri dengan menerbangkan pesawat melewati batas ketinggian. Ini membuat seluruh awak dan penumpang tak sadarkan diri, kemudian pesawat meluncur tanpa kendali. Tak ada penjelasan masuk akal, selain bunuh diri.

 Jika karena aksi pembajak,pasti ada tuntutan. Lazimya pembajak melakukan bargaining dengan otoritas pemerintahan setempat. Namun dalam kasus MH370 ini tidak ada tuntutan atau sejenisnya.

Begitu pula jika pesawat dikuasai teroris lalu diledakkan, teori itu juga tak ada bekasnya. Para teroris biasanya melakukan klaim sepihak setelah sukses melakukan aksinya. Untuk peristiwa MH370, lagi-lagi tidak terungkap pihak yang mengaku bertanggungjawab.

Sumber The Telegraph dikalangan penyelidik MH370 mengungkap, MH370 sama sekali tidak mengalami kerusakan.

Teori pilot pesawat MH370 bunuh diri, kembali mencuat pasca pemerintah Malaysia mengumumkan pesawat berjenis Boeing 777-200 ER tersebut mengakhiri penerbangannya di Samudra Hindia atau sekitar 2.500 km arah barat Perth, Australia.

Hingga hari ke-18 pasca pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan kru tersebut hilang, 26 negara yang terlibat pencarian belum berhasil menemukan satu keping pun pecahan atau benda dari pesawat itu.

Hingga hari ke-18 pasca pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan kru tersebut hilang, 26 negara yang terlibat pencarian belum berhasil menemukan satu keping pun pecahan atau benda dari pesawat itu.

Satelit Australia, China dan Perancis dan beberapa pesawat yang mencari di sekitar Samudra Hindia hanya sebatas mendeteksi ada obyek benda yang diduga pecahan dari pesawat nahas tersebut.

Amerika dan Jerman mulai terlibat dengan mengirimkan tiga kapal selam tanpa awak untuk mencari kotak hitam pesawat MH370. Sebelum kotak hitam diketemukan, teka-teka penyebab MH370 terbang hingga Samudra Hindia dan kemudian jatuh, tak akan terungkap.

Sayang, baterai di kotak hitam untuk mengirimkan sinyal sudah habis karena maksimal hanya memiliki daya tahan 14 hari. .

Ketinggian Ekstrem

Teori bunuh diri ini sesuai dengan catatan radar militer yang mencatat pesawat mengangkasamelewati batas ketinggian. Ini cukup untuk membuat seluruh manusia yang ada didalamnya menjadi total tidak sadar.

Tak lama setelah komunikasi suara terakhir dari kokpit pesawat pada 8 Maret lalu, pesawat tersebut diketahui terbang di ketinggian antara 43 ribu kaki (13.106 meter) dan 45 ribu kaki (13.716 meter). Hal ini tercatat oleh radar militer. Kondisi terbang pada ketinggian ekstrem tersebut berlangsung selama 23 menit.

“Pesawat itu diketahui terbang pada ketinggian ini selama 23 menit sebelum menurunkan ketinggian. Oksigen akan habis dalam 12 menit, menyebabkan para penumpang tak sadarkan diri,” ujar sumber tersebut.

Pesawat Boeing 777-200ER memiliki batas maksimum ketinggian 43.100 kaki (13.136 meter). Namun pada ketinggian itu, atmosfer menipis secara drastis, maka tak akan butuh waktu lama untuk terjadinya hipoksia atau kekurangan oksigen.

Para penyelidik yakin bahwa ini adalah tindakan sengaja yang dilakukan seseorang di dalam pesawat yang memiliki pengetahuan sangat mendalam untuk melakukan yang telah dilakukannya.

 Panggilan Terakhir

Kapten  pilot   Malaysia Airlines MH  370  Zaharie Ahmad Shah sesaat  sebelum lepas landas memperoleh telepon  misterius  dari seorang wanita yang menggunakan  nomor ponsel dengan indentitas palsu.Bahkan  pihak penyelidik  sempat mempertanyakan hal ini kepada istri  sang kapten.

Ini  adalah salah satu panggilan terakhir dilakukan ke atau dari ponsel Kapten Zaharie Ahmad Shah di jam sebelum Boeing 777  meninggalkan Kuala Lumpur  tanggal 8 Maret lalu. (Ais)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru