Thursday, August 05, 2021
Home > Berita > Pembuat film Superman, Lethal Weapon Richard Donner meninggal di usia 91 tahun

Pembuat film Superman, Lethal Weapon Richard Donner meninggal di usia 91 tahun

Superman adalah salah satu film blockbuster Richard Donner di mana ia dibayar US$ 1 juta untuk mengarahkan pada tahun 1978, jumlah yang belum pernah terjadi pada saat itu.( Foto: File: E Charbonneau/WireImage untuk Carl Samrock Public Relations/Al Jazeera)

Donner menyelipkan keyakinan politiknya dalam film-filmnya, termasuk memasukkan poster ‘Bebaskan Afrika Selatan’ ke dalam adegan.

Mimbar-Rakyat.com – Pembuat film terkemuka di Amerika Serikat (AS) Richard Donner, yang membantu menciptakan blockbuster superhero modern dengan Superman tahun 1978 dan menguasai komedi, meninggal dalam usia 91 tahun.

“Donner meninggal Senin (5/7), di Los Angeles,” kata pihak keluarganya melalui juru bicara, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Terlahir sebagai Richard Donald Schwartzberg pada 24 April 1930, di New York City, Donner mengubah namanya ketika ia mulai menjadi aktor.

“Saya akan menjadi aktor yang tidak bekerja sekarang jika bukan karena sutradara hebat Marty Ritt,” kata Donner.

Dia ingat Ritt mengatakan kepadanya, “Masalah Anda adalah Anda tidak dapat mengambil arahan,” dan menyarankan dia mengejar mengarahkan sebagai gantinya.

“Dan karena saya sedikit bergaul dengannya, dia berkata, ‘Kamu adalah asisten saya di acara berikutnya,’ dan itu mengubah hidup saya,” kata Donner. “Saya tidak pernah kembali ke dunia akting.”

Dia mulai bekerja di televisi, mengarahkan episode Pulau Gilligan, Perry Mason a
nd The Twilight Zone, termasuk episode 1963 berjudul Nightmare at 2.000 Feet yang menampilkan William Shatner.

Jauh dari kamera, Donner dikenal karena kebaikan dan kemurahan hatinya yang luar biasa, menanggung biaya kuliah untuk satu bintang Goonies (Jeff Cohen, sekarang menjadi pengacara hiburan) dan membayar rehabilitasi untuk menyelamatkan nyawa untuk yang lain (aktor Corey Feldman).

Donner mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara tahun 1985 bahwa para pemain muda membantunya melalui produksi.

“Saya tidak pernah memiliki anak sendiri, dan mereka menjadi seperti keluarga saya,” katanya.

Bersama istrinya, Donner juga seorang advokat hewan yang bersemangat, menyelamatkan lusinan anjing selama bertahun-tahun dan berjuang melawan penangkaran paus pembunuh.

Meskipun beberapa film Donner menghasilkan nominasi Oscar, dia tidak pernah dinominasikan. Tapi dia mendapat kesempatan untuk berterima kasih kepada akademi – dan banyak teman dan koleganya – atas penghargaan itu.

“Industri ini adalah teman saya, dan ini merupakan hadiah terbesar di dunia untuk saya,” kata Donner. “Kalian semua adalah Oscar-ku.”

Superman adalah salah satu film blockbuster Richard Donner di mana ia dibayar US$ 1 juta untuk mengarahkan pada tahun 1978, jumlah yang belum pernah terjadi pada saat itu. Sutradara-produser ini bertemu dengan istrinya dan produser Lauren Shuler Donner ketika mereka bekerja sama dalam film, Ladyhawke.

Pada abad ke-21, genre (Superman) ini mendominasi box office di AS dan berkembang pesat di luar negeri. Kepala Marvel Studios dan DC Entertainment – produsen sebagian besar film superhero saat ini – keduanya bekerja untuk Donner ketika mereka memulai di Hollywood. Karier Donner sendiri berjalan selama lima dekade.

Steven Spielberg memproduseri The Goonies, sebuah film tahun 1985 tentang sekelompok anak-anak yang tidak cocok yang mencari harta karun bajak laut, juga disutradarai oleh Donner.

Dalam sebuah pernyataan dia menyebut Donner “berbakat di begitu banyak genre. Berada di lingkarannya mirip dengan bergaul dengan pelatih favorit Anda, profesor terpandai, motivator paling ganas, teman paling menawan, sekutu paling setia, dan – tentu saja – Goonie terhebat dari semuanya, ”tulisnya dalam sebuah pernyataan.

“Dia semua anak-anak. Semua hati. Sepanjang waktu. Aku tidak percaya dia sudah pergi, tapi tawanya yang serak dan hangat akan selalu menemaniku.”

Sutradara Kevin Smith mentweet bahwa, “Richard Donner membuat iblis menjadi anak kecil di The Omen, menemukan film buku komik modern dengan Superman, dan menemukan kembali film teman polisi dengan Lethal Weapon. Saya harus bertemu dengannya tahun lalu tentang sebuah proyek. Guy adalah pendongeng yang lahir secara alami. Terima kasih untuk semua filmnya, Dick!”

Donner juga menyelipkan keyakinan politiknya ke dalam film-filmnya, memasukkan poster “Bebaskan Afrika Selatan” ke dalam adegan di banyak karyanya selama masa apartheid, dan poster “Stamp Out the NRA” (National Rifle Association) di kantor polisi di Lethal Senjata.

“Saya membuat komentar, jika Anda melihatnya, Anda melihatnya, jika tidak, Anda tidak,” kata Donner dalam wawancara tahun 2006 dengan Akademi Televisi.

Donner mengikuti Superman dengan indie, Inside Moves, pada tahun 1980 dan The Toy with Richard Pryor pada tahun 1982. Pada tahun 1985, ia membuat petualangan klasik anak-anak The Goonies and Ladyhawke, yang akan memperkenalkannya kepada calon istrinya, Lauren Shuler Donner.

Keduanya menikah pada tahun berikutnya. Pada tahun 1993, mereka mendirikan The Donners Company, yang telah menghasilkan hits seperti Deadpool, The Wolverine dan franchise X-Men. Disesuaikan dengan inflasi, film-filmnya telah menghasilkan lebih dari $ 1 miliar dalam penerimaan box office.

Pada tahun 1987, Donner memerankan Mel Gibson dan Danny Glover sebagai pasangan polisi yang tidak cocok dalam film aksi teman-polisi Lethal Weapon. Film ini sukses besar, menelurkan beberapa sekuel dan acara TV.

“Dia adalah pendongeng ulung,” kata Gibson pada 2017. “Dia rendah hati. Dia memiliki tanda di atas pintu ini yang mengatakan ‘Tinggalkan egomu di pintu,’ dan tidak ada ego di sekitarnya. Sulit bagi saya untuk masuk ke kamar, sebenarnya. ”

Donner menindaklanjuti dengan hit Bill Murray Scrooged pada tahun 1988 dan Lethal Weapon 2 pada tahun berikutnya. Penghargaan lainnya termasuk Maverick, Teori Konspirasi dan Radio Flyer.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru