Thursday, May 06, 2021
Home > Nasional > Menikmati Kemegahan Istana Kepresidenan

Menikmati Kemegahan Istana Kepresidenan

Anda ingin menikmati kemegahan dan kenyamanan Istana Kepresidenan di Jakarta? Kesempatan tersebut sudah lama terbuka. Siapa pun bisa masuk ke Istana  yang selama ini tidak hanya menjadi pusat keigatan Presiden, tetapi juga menjadi kebanggan Negara dan bangsa.

Tur  Istana Kepresidenan di Jakarta ini pertamakalinya dibuka 25 Mei 2008 untuk member kesempatan kepada masyarakat memuaskan keingintahuan mereka terhadap apa dan bagaimana Istana Kepresiden dari dalam dan secara langsung.  

Adalah Juru Bicara Presiden Andi Mallarangeng yang  pertama kali mengumumkan kepada pers, pada tahun 2008 tentang Tur Istana Kepresiden itu. Menurut dia, di negara-negara lain, Istana Kepresidenan atau kerajaan, seperti Gedung dan Buckingham Palace, sudah memiliki program tur istana dengan konsep yang jelas, terjadwal, dan birokrasi yang lebih mudah.

“Maka disusunlah program ini sehingga masyarakat umum bisa datang melihat Istana Kepresidenan. Program ini juga menjadi bagian dalam rangka merayakan 100 Tahun Kebangkitan Nasional dan Visit Indonesia Year 2008,” kata Andi dalam keterangannya di Kantor Presiden pada, 21 Mei 2008.

Tour guide yang mendampingi dan memberi penjelasan kepada pengunjung terdiri dari tenaga terlatih dan mengetahui seluk beluk Istana Kepresiden. Mereka disiapkan dan dididik secara khusus untuk memandu pengunjung dan direkrut dari Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan.

Tur  melewati sebagian dari Istana Kepresidenan, yaitu Istana Merdeka dengan prinsip tidak mengganggu kerja Presiden dan perangkatnya, serta tidak mengkompromikan keamanan Presiden, Ibu Negara, dan keluarganya.

Hingga kini program tur mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Seperti dikutip dari website resmi Presiden RI, presidenri.go.id, sejak dibuka untuk umum secara terjadwal setiap hari Sabtu dan Minggu, tur Istana untuk Rakyat atau yang biasa dikenal dengan tur Istura, mendapat antusiasme yang sangat besar dari masyarakat.

Bukan hanya masyarakat asal Jakarta dan sekitarnya saja yang memadati tur setiap akhir pekannya, tapi juga rombongan tur dari luar kota.

Selain Istana Kepresidenan Jakarta, banyak pula masyarakat yang ingin mengunjungi Istana-istana Kepresidenan yang ada di daerah, seperti Istana Tampaksiring, Bali atau Istana Bogor di Jawa Barat. Namun berbeda dengan Istana Kepresidenan Jakarta yang sudah memiliki mekanisme tur yang terjadwal, Istana Kepresidenan lainnya belum memiliki mekanisme seperti itu. Jika ingin berkunjung ke Istana-istana tersebut harus mengirimkan permohonan terlebih dahulu.

Untuk prosedur pengajuan kunjungan ke Istana Tampaksiring, Istana Bogor, dan Istana Cipanas tidak jauh berbeda. Surat permohonan kunjungan yang diajukan harus mencantumkan nama rombongan (contoh: SMP Negeri X Bogor, Keluarga Pengajian Al-Amin), jadwal kunjungan yang berisi jam dan waktu yang diajukan, jumlah peserta berikut nama lengkap seluruh peserta, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Pengiriman surat permohonan kunjungan ini berbeda untuk setiap istana. Untuk Istana Bogor, selambat-lambatnya dikirim 14 hari sebelum tanggal kunjungan melalui email yang ditujukan ke Kepala Istana Kepresidenan Bogor ke email tu.istanabogor@gmail.com atau fax ke 0251-8328172. Setelah surat terkirim, diharapkan melakukan konfirmasi kepada Vina melalui nomer 0251-8321001 ext.116.

Sementara untuk Istana Cipanas, surat dapat ditujukan kepada Kepala Istana Kepresidenan Cipanas selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal kunjungan. Surat dapat dikirimkan melalui fax ke 0263-512120 dan melakukan konfirmasi ke 0263-511188.

Jika ingin berkunjung ke Istana Tampaksiring, surat dapat diajukan ke Kepala Istana Kepresidenan Tampaksiring selambat-lambatnya 7 hari sebelum tanggal kunjungan. Surat dapat dikirim melalui Pos ke Istana Tampaksiring, Jl. Ir. Dr. Soekarno, Tampaksiring, Gianyar, Bali, atau melalui email istanatampaksiring@istanapresiden.go.id atau fax ke 0361-901300. Setelah itu melakukan konfirmasi ke 0361-901400 ext 532.

Istana Bogor dan Cipanas memiliki jadwal kunjungan yang sama yaitu setiap hari Senin-Minggu, kecuali hari Jumat, hari libur, dan ketika Istana Bogor dan Istana Cipanas sedang digunakan untuk kegiatan kepresidenan.

Sedangkan Istana Tampaksiring dibuka pada pukul 09.00-14.00 WITA, setiap hari kecuali hari libur dan ketika Istana Tampaksiring digunakan untuk kegiatan kepresidenan.

Saat mengikuti kunjungan ke istana-istana  para peserta  diharuskan menggunakan pakaian rapi dan tidak menggunakan sandal. Batik, kemeja, seragam, dan kaus berkerah adalah pakaian yang diperbolehkan saat mengikuti kunjungan ke Istana Kepresidenan.***eank

 

Foto: Istana Kepresidenan (Foto Istimewa)

kumpulankawanlama@yahoo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru