Thursday, July 07, 2022
Home > Olahraga > Hamburg Nyaris Terdegradasi Untuk Pertama Kalinya

Hamburg Nyaris Terdegradasi Untuk Pertama Kalinya

MIMBAR-RAKYAT.com (Berlin) – Mario Goetze menyarangkan dua gol saat Bayern Munich menang 4-1 di kandang Hamburg, Sabtu, membuat tuan rumah harus memainkan laga playoff untuk menghindari terdegradasi dari Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sebagai satu-satunya tim yang belum pernah terdegradasi dari kompetisi strata tertinggi Jerman, kekalahan ke-20 Hamburg pada musim ini membuat mereka harus memainkan dua pertandingan playoff melawan tim peringkat ketiga di divisi kedua, yang saat ini dihuni Greuther Fuerth, untuk dapat bertahan di divisi teratas.

Bayern memerlukan waktu 32 menit untuk membuka keunggulan di hamburg ketika Goetze menyodorkan operan kepada Arjen Robben dan kemudian menyambar bola pengembalian untuk membawa sang juara unggul 1-0.

Raksasa Bavaria itu berhasil pulih dari kekalahan agregat 0-4 dari Real Madrid di semifinal Liga Champions, namun mereka menggandakan keunggulan ketika Goetze mendapat ruang dan meneruskan tendangan sudut Arjen Robben pada menit ke-55, yang mengenai rekannya di timnas Jerman Thomas Mueller.

Goetze mengemas gol keduanya ketika ia menyambar operan Mueller setelah tembakan Robben dapat digagalkan kiper Hamburg Rene Adler.

Hamburg mencetak satu gol balasan saat pertandingan menyisakan 20 menit melalui gelandang Turki Hakan Calhanoglu, sebelum Claudio Pizarro mencetak gol keempat Bayern.

Bek Bayern Jerome Boateng diusir keluar lapangan sebelum peluit panjang berbunyi, atas pelanggarannya terhadap Kerem Demirbay.

Dua gol Goetze menegaskan tekadnya untuk dapat tampil melawan bekas klubnya Borussia di final Piala Jerman pada 17 Mei, setelah ia sempat mengutarakan kekecewaannya akibat dibangku cadangkan saat melawan Real.

Kekalahan ini membuat Hamburg tidak dapat finis di luar tiga posisi terbawah, nasib serupa meliputi Nuremberg setelah mereka kalah 0-2 saat menjamu Hanover 96.

Tim juru kunci Eintracht Braunschweig, yang kalah 0-1 dari tamunya Augsburg berkat gol tunggal Raul Bobadilla di menit ke-94, sudah dipastikan finis di tiga terbawah pada musim pertama mereka kembali ke divisi teratas sepak bola Jerman.

Ketika tiga tim terbawah hanya terpisahkan dua angka, dua tim yang akan otomatis degradasi dan satu tim menjalani playoff masih akan ditentukan pada putaran terakhir musim yang akan berlangsung akhir pekan mendatang.

Tiga gol lima menit
Penyerang asal Polandia Robert Lewandowski menikmati kemenangan 3-2 melawan Hoffenheim pada pertandingan kandang terakhirnya untuk tim peringkat kedua Borussia Dortmund, sebelum ia bergabung dengan Bayern pada musim depan.

Hoffenheim membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung lima menit ketika penyerang Brazil Roberto Firmino menaklukkan dua bek Jerman Mats Hummels dan Marcel Schmelzer untuk melepaskan tembakannya yang berbuah gol.

Namun Dortmund bangkit dengan tiga gol dalam lima menit sebelum turun minum.

Pemain sayap Jerman Kevin Grosskreutz mencetak gol melalui tembakannya pada menit ke-29, tandukan Henrikh Mkhitaryan membuat Dortmund berbalik unggul dua menit kemudian, dan kemudian Lukasz Piszczek menambahi gol ketiga mereka setelah menaklukkan pertahanan Hoffenheim dari tendangan bebas.

Kesalahan buruk yang dilakukan kiper Dortmund Roman Weidenfeller, yang membiarkan tembakan jarak jauh Niklas Suele melewati sela-sela kakinya, mengubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan tuan rumah pada menit ke-66.

Schalke 04 hanya memerlukan tambahan satu angka untuk mengamankan tiket Liga Champions musim depan, setelah mereka menang 2-0 di markas Freiburg yang menjaga mereka tetap unggul tiga angka atas Bayer Leverkusen di peringkat ketiga, ketika pemain Belanda Klaas-Jan Huntelaar mencetak gol liga ke-59nya untuk The Royal Blues pada pertandingan Liga Jerman ke-100nya.

Leverkusen menjaga genggaman mereka di peringkat keempat, sekaligus tiket playoff Liga Champions, dengan kemenangan 2-0 di markas Eintracht Frankfurt.

Namun baik Borussia Moenchengladbach dan Wolfsburg masih dapat peringkat keempat yang dapat membuat mereka tampil di Liga Champions pada musim depan.

Kemenangan 3-1 Gladbach atas tamunya Mainz membuat mereka tetap berada di peringkat keenam, terpaut tiga angka dari peringkat keempat, sedangkan kemenangan 2-1 Wolfsburg di markas VfB Stuttgart, berkat gol larut Ivica Olic, juga menjaga peluang mereka dalam perburuan spot Liga Champions, dengan selisih satu angka di bawah Leverkusen.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru