Monday, July 04, 2022
Home > Berita > Davidson mundur dari lomba FIA WEC dalam usia 42 tahun

Davidson mundur dari lomba FIA WEC dalam usia 42 tahun

Anthony Davidson mundur dari ajang lomba ketahanan FIA WEC pada usia 42 tahun. (fiawec)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Hobi balapnya hingga mencapai karir sebagai pebalap professional sungguh mengagumkan, sampai akhirnya Anthony Davidson mundur alias pensiun dari arena balap ketahanan FIA WEC pada 2021.

Anthony Davidson menyatakan mundur setelah tampil pada dua laga terakhir lomba ketahanan WEC di Sirkuit Sakhir di Bahrain pada 2021.

Pebalap berusia 42 tahun asal Inggris itu terakhir kali membalap bersama tim JOTA pada jenis lomba LMP2 dan beralih menjadi komentator lomba F1 untuk Sky Sports. .

Davidson berada di urutan ketiga pada lomba pertama 6 Hours of Bahrain pada Sabtu bersama rekan setimnya di JOTA, Roberto Gonzalez dan Antonio Felix Da Costa, kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dalam cuitan di medsos saat mempublikasikan hasil lombanya.

“Sekali lagi lomba akan berlangsung dan ini akan menunjukkan kiprah terakhir saya dalam laga professional selama karir saya,” tulisnya.

“Benar-benar perjalanan lomba yang luar biasa dan tidak akan terlupakan. Terima kasih kepada semua orang yang membantu saya selama ini,” katanya.

Perlombaan terakhir Davidson adalah pada 8 Hours of Bahrain,  yang berlangsung pada Mingguy 6 November 2021 dan setelah itu ia gantung stir mobilnya.

Sebelum kembali berlaga pada LMP 2 pada 2018, Davidson berlaga di atas Toyota dan menikmati beberapa kemenangan selama dua tahun. Ia meraih gelar juara pada 2014 bersama rekan setim Sebastien Buemi. Ia bera di urutan kedua di Le Mans 24 Hours pada tiga kesempatan berbeda.

Sebelum menekuni balapan sportscar racing, Davidson berlaga di ajang Formula 1 selama beberapa tahun.

Ia melakukan debut bersama Minardi pada 2002. Ia juga melakukan test bersama BAR pada 2003 hingga 2006, sebelum jadi pebalap utama bersama proyek kedua Honda, Super Aguri.

Ketika tim itu mundur dari laga F1 pada 2008, Davidson beralih ke laga jenis lain, yaitu sportscars. (fiawec/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru