Wednesday, October 04, 2023
Home > Berita > Caldera Toba tuan rumah seremoni gerak awal APRC Piala Asia 2023

Caldera Toba tuan rumah seremoni gerak awal APRC Piala Asia 2023

Caldera Toba tuan rumah seremoni gerak awal APRC Piala Asia 2023. (JP)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kaldera terbesar di dunia yang berada di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba,  menjadi tempat gerak awal resmi (ceremonial start)  kejuaraan reli merebutkan Piala Asia APRC 2023 yang berlangsung 22-23 September 2023.

Kaldera itu akan menjadi saksi betapa antusiasnya para atlet reli kecepatan (speed rally) untuk melakoni laga dua hari itu, serta betapa meriahnya masyarakat Sumatera Utara menyambut event yang dari waktu ke waktu semakin digandrungi mereka.
Ketua panitia kejuaraan APRC Danau Toba 2023 Ahmad Syauki Anas usai bertemu dengan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Selasa lalu menjelaskan, Ceremonial Start APRC Danau Toba digelar di Caldera Toba, sementara area adu kecepatan tetap dilaksanakan di Kabupaten Simalungun.

“Kejuaraan otomotif yang akan digelar ada dua seri yakni, putaran tiga APRC Asia Cup pada 22-23 September serta APRC Grand Final pada November di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari Sektor Aek Nauli, ”ujar Ahmad Syauki.

Ahmad Syauki mengharapkan adanya dukungan sepenuhnya dari pemerintah Kabupaten Toba dan Kabupaten Simalungun.

Untuk itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menyatakan siap mendukung event itu dan akan mempersiapkan SDM terbaik untuk menyambut para peserta reli.

“Toba itu tempat orang berwisata, makanya akan kita siapkan yang terbaik untuk menyambut para peserta dan para penonton, ” kata Poltak Sitorus.

Bupati Poltak juga mengimbau panitia agar tidak membawa pelaku UMKM dari luar pada acara seremoni itu. “Nanti biar pelaku UMKM nya dari kita, jangan dari luar lagi. Biar pelaku UMKM kita yang menyambut para pereli, biar kita ada untungnya, ” katanya.

Dukungan Menteri Luhut

Sementara pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menyatakan gembira dan berterima kasih kepada Luhut Binsar Panjaitan, tokoh masyarakat Sumut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI atas dukungan rencana penyelenggaraan kejuaraan reli Asia Pasifik di kawasan Danau Toba, Sumut.

Menteri Luhut dukung penyelenggaraan APRC Sumut. (ist)

Ketua Umum Pengprov IMI Sumut Harun Mustafa Nasution, Jumat (1/9) menyatakan hal itu setelah bersama Wagubsu yang juga Dewan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah (Ijeck), bertemu Menko Marves RI itu.

Pertemuan dengan Luhut Panjaitan berlangsung di Jakarta, Kamis (31/8), dilansir media, juga diikuti Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan dan Bupati Labura Hendriyanto Sitorus.

“Terima kasih kami ucapkan atas dukungan Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kejuaraan reli Asia Cup dan APRC di Sumut pada September dan November ini. Dukungan ini menjadi dorongan dan semangat untuk bisa menghadirkan kembali kejuaraan dunia reli (WRC) di Sumut pada 2024 nanti,” ujar Ketua Umum IMI Sumut.

“Apalagi kegiatan ini juga untuk mendukung program pariwisata destinasi wisata super prioritas Danau Toba oleh Pemerintah Pusat,” tambah Harun Nasution.

“Semoga APRC menjadi awal kembalinya kejayaan penyelenggaraan reli di Indonesia,” sebut dia seraya menambahkan APRC Danau Toba 2022 serta F1 Powerboat Lake Toba 2023 lalu semakin membuat aktivitas wisata olahraga di kawasan Danau Toba bergeliat.

Kaldera Toba

Kaldera Toba merupakan kaldera terbesar di dunia yang terbentuk pada Zaman Kuarter. Bentang alam yang dihasilkan letusan “supervolcano” yang terjadi 74.000 tahun lalu, terjadi melalui proses “volcano-tectonic explosive.”

Letusan memuntahkan 2.800 km3 material vulkanik, berupa batu apung dalam jumlah yang sangat besar. Peristiwa ini menyebabkan terjadi kekosongan pada dapur magma, disusul amblasnya tubuh gunungapi (flare-up).

Erupsi “supervolcano” adalah erupsi ekplosif berkekuatan > 8 VEI (Volcanic Explosivity Index), memuntahkan material magmatik lebih dari 1.000 km3 (BBC, Science & Nature, 2000).

Dewan Eksekutif United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyepakati Kaldera Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris (07/07/2020). Anggota Dewan Eksekutif menetapkan 16 UNESCO Global Geopark baru, termasuk Kaldera Toba.

Di Kaldera Toba yang indah dan diakui dunia itu, para peserta dan penonton Danau Toba APRC Piala Asia akan melakukan seremoni gerak awal dan suasananya pasti amat menakjubkan.  (him)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru