Sunday, February 05, 2023
Home > Berita > Apa saja tim baru di WEC 2022? 

Apa saja tim baru di WEC 2022? 

Tim G Drive Racing akan diperkuat mantan pebalap F1 Daniil Kvyatt di kejuaraan FIA WEC 2022. (fiawec)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Jangan sampai salah, dalam daftar para peserta kejuaraan FIA WEC 2022 yang baru dikeluarkan panitia, ada  tim-tim baru yang akan ikut berlomba.

Dalam berita yang dilansir fiawec.com, disebutkan ada tujuh tim yang baru yang akan bersaing pada jenis lomba LMP2.

Ini merupakan rekor peserta tim, ada sebanyak 15 tim yang turun musim ini di LMP2, tentu saja dengan para pebalap ternama yang diandalkan semua tim itu.

Di antara tim yang akan turun, terdapat pebalap handal Indonesia, Sean Gelael, yang akan memperkuat tim WRT, duet dengan pebalap Belanda Robin Frinjs dan Rene Rast dari Jerman, pada laga sepanjang 2022.  Frinjs (30) adalah salah seorang di antara pebalap yang mengantarkan WRT menjadi juara LMP2 2021.

Nah, tim apa saja yang baru yang akan bergabung dengan tim tangguh di kategori LMP2 yang sebelumnya sudah diisi United Autosports, JOTA, Richard Mille Racing Team, Inter Europol Competition, ARC Bratislava serta juara bertahan WRT, untuk musim WEC ke-10 ini?

Berikut ini adalah lima tim baru pilihan fiawec yang akan tampil pada kejuaraan WEC 2022 dan baru di LMP2:

Tim Penske

Salah satu tim terbesar dalam olahraga bermotor Amerika Serikat adalah Tim Penske, yang sudah bersiap sejak WEC 2022 untuk tampil bersama Porsche untuk kategori Hypercar pada kejuaraan 2023.

Penske membawa nama Porsche untuk berlomba dan untuk bisnis lainnya lebih dari enam decade, termasuk pada 1971, ketika pemiliknya Roger Penske mencari tantangan pada mobil sport dunia.

Belakangan ini, Porsche dan Penske membukukan sukses sepanjang kemitraan mereka sejak 2006 hingga 2008 – pada kejuaraan yang kemudian disebut seri Le Mans Amerika.

Penske akan bekerja sama dengan para ahli dari Weissach untuk mengikuti seri kejuaraan WEC dan Kejuaraan IMSA WeatherTech SportsCar Championship mulai 2023.  Tetapi pada 2022,  WEC dimerahkan Tim Penske yang berlaga di kategori LMP2!

Tim Prema Orlen 

Tim ini dibangun pada 1983 oleh Angelo Rosin dan Giorgio Piccolo.

Prema Racing menjadi pesaing keras di seri kejuaraan single-seater yunior.

Sekarang Prema menjadi tempat para junior menempa diri untuk meju ke Formula Satu. Jenjang yang harus dilalui para pebalap junior di timm ini adalah Formula 4 dan Kejuaraan Formula Regional Eropa by Alpin, juga kejuaraan Formula 2 dan Formula 1.

Tim bermarkas di Italia ini, Prema Orlen Racing, akan melakukan debut di laga sportscar mulai 2022, dengan menurunkan mobil satu jenis Oreca 07 LMP2, bekerja sama dengan GT Racing, yang mengeluarkan Iron Lynx.

Dalam usaha mengulang kesuksesan tim ini pada laga single-seater,  akan diturunkan para pebalap potensial termasuk juara bertahan ELMS Robert Kubica dan Louis Delétraz plus Lorenzo Colombo,  yang akan beralih dari lomba single-seater musim ini.

Vector Sport

Nama baru di ajang olahraga sportcar, Vector Sport akan dipimpin Tim Principal Gary Holland, yang akan disertai managemen berpengalaman di bidang olahraga ketahanan dari tim JOTA dan dari Risi Competizione.

Holland juga pernah sebagai manager tim Dragon / Penske Autosport pada jenis laga Formula E, bekerja sama dengan Nico Müller yang akan membalap untuk tim itu pada 2022 bersama Ryan Cullen dan mantan pebalap F1, Sebastien Bourdais. Tim  LMP2 itu bermarkas di luar Silverstone di Inggris Raya.

Ultimate

Tim dari Prancis, Ultimate,  naik kategori dari laga jenis ELMS pada WEC 2022, setelah setahun sebelumnya berada di urutan ketiga pada LMP2 Pro-Am pada musim lalu.

Tim ini dibangun pada 2013 oleh keluarga Lahaye brothers, Matthieu dan Jean-Baptiste, dan sejak awal diperkuat pebalap Gentleman dan rekannya François Heriau. Tim ini berlaga beberapa musim di Kejuaraan VdeV Endurance.  Pebalap sama akan turun pada kejuaraan WEC tahun ini.

Tim itu turun pada laga Seri Le Mans Eropa pada 2016 serta LMP3, sebelum program laga itu beralih ke Preca 07 Gibson mulai musim ELMS 2021 dan menang di kategori Pro-Am ketika kejuaraan dimulai di Barselona.

Tim G-Drive Racing

Sebenarnya tim ini tidak terlalu baru di WEC,  sampai akhirnya muncul lagai pada 2022 untuk satu musim penuh, setelah sebelumnya pernah tampil terakhir pada 2016.

Pada 2013 hingg 2016,  G-Drive Racing memenangi 17 perlombaan ketika dimotori pebalap Roman Rusinov dan meraih piala FIA Endurance kategori LMP2 pada 2015.

G-Drive Racing juga bersama ELMS sejak 2016, memenangi tiga tropi seri Le Mans Eropa secara berurutan. Pada 2022, tim pasokan RAF ini diperkuat pebalap Australia James Allen dan Rene Binder dari Austria dan mantan pebalap F1,  Daniil Kvyat.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru