Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Wakili Kuningan Yusuf Ramdhani, Runner BMX Park Senior Jawa Barat

Wakili Kuningan Yusuf Ramdhani, Runner BMX Park Senior Jawa Barat

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Ratusan peserta mengikuti Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Free Style yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Dispora Jabar) selama dua hari, 15-16 November 2021 di Kabupaten Kuningan.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Jabar  Dadang Abdulrakhman mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan Asosiasi BMX Indonesia Jawa Barat (ABI Jabar) dan Komite Olahraga Rekreasi Indonesia Jawa Barat (KORMI Jabar). “Tujuannya agar masyarakat bisa lebih dekat mengenal olahraga ekstrim BMX kepada seluruh lapisan masyarkat Jawa Barat,” ujarnya.

Menurutnya BMX Freestyle banyak sekalig digandrungi  khususnya oleh kalangan muda yang haus tantangan dalam bersepeda sekaligus memancing kreatifitas milenial agar dapat melakukan kegiatan yang positif dan inovatif dan menjauhi kegiatan negatif seperti narkoba.
“Dengan demikian pembangunan bidang olahraga di Jawa Barat dapat berkembang dengan baik, ” ujarnya.

Invitasi itu sendiri merupakan ajang tahunan yang seyogyianya dilakukan oleh Dispora Jabar untuk menggali potensi-potensi serta bakat dari kabupaten/kota di Jawa Barat  di bidang olahraga rekreasi, selain juga untuk menumbuhkembangkan pembangunan olahraga di daerah-daerah.

Sementara, Perwakilan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jabar, Dedi Kenedi, menyebutkan, pada cabang olahraga ekstr sepeda ini dikenal ada dua, yakni BMX Freestyle dan Push Bike (yang saat ini baru muncul).
“Kreatifitas anak muda saat ini tidak boleh dibatasi, kita harus fasilitasi mereka selama itu hal positif. Bahkan kalau bisa, kita kembangkan, ” kata Dedi.

Bertindak sebagai tuan rumah, Bupati Kuningan Acep Purnama sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Acep menegaskan bahwa hendaknya kegiatan bergengsi itu tidak Buhanya dilakukan hanya sekali saja dalam setahun.

“Karena kurang terasa gregetnya jika hanya sekali saja,” lanjut Acep,” Kami berharap kegiatan semacam ini sebaiknya diadakan minimal setahun tiga atau empat kali agar kompetisi dan kreatifitas semakin terasah dan tidak saja berkiprah di ajang regional tapi bisa memgikuti kejuaraan internasional”.

Hadiah yang disediakan bagi para juara freestyle ini adalah uang tunai sejumlah total Rp 22,75 juta, tropi dan piagam penghargaan.

Tahun ini, Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat  mempertandingkan empat kategori yakni; BMX Park usia 16 tahun kebawah,  usia 16-18 tahun, usia 19 tahun ke atas dan BMX Flatland Open. Dari keempat kategori yang dipertandingkan tersebut sebagian besar peserta masuk pada Kategori BMX Park Usia 16-18 orang yang mencapai 30 orang.

Berikut adalah daftar pemenang  lomba BMX pada Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat  Tahun 2021:

1. BMX Park Senior 19 Tahun ke Atas :

– Juara 1, Maulana Arif Kab. Bandung Point 81.6

– Juara 2, Yusuf Ramdani Kab. Kuningan Point 72.3

– Juara 3, Azis Maulana Kota Cirebon Point 72

2. BMX Park Junior Usia 16-18 Tahun :

– Juara 1, Ahmad Syahrul Kota Bandung Point 73

– Juara 2, Juan Anakda Kota Bandung Point 70.6

– Juara 3, Faizul Muna Ilfa Kab. Bandung Point 66

3.  BMX Pemula Under 16 Tahun :

– Juara 1, Gilang Febriansyah Kab. Bekasi Point 66

– Juara 2, Ahmad Lutfhi Hardiansyah Kab. Bandung Point 57.6

– Juara 3, Fatra Dwinova Kota Bandung Point 47.6

4.  BMX Flatland Open (Semua Usia)

– Juara 1, Iyan Sopian Kota Bekasi Point 85.3

– Juara 2, Iwan Maruba S. Kota Bekasi Point 82.6

– Juara 3, Aceng Firdaus Kab. Bogor Point 72.6 (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru