Thursday, November 26, 2020
Home > Berita > Sebanyak 135 orang ikuti tes usap PCR di Dewan Pers

Sebanyak 135 orang ikuti tes usap PCR di Dewan Pers

Salah seorang peserta tes PCR di Dewan Pers, Rabu, diadakan untuk kelima kalinya. (pwi)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Dewan Pers bekerja sama dengan FIFGROUP dan Djarum Foundation, kembali melaksanakan tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis yang kelima, Rabu.

Kali ini pekerja media yang mendapat pelayanan sebanyak 135 orang dan peserta itu dikoordinir oleh PWI Pusat, melibatkan PWI Peduli untuk melakukan pendataan anggota yang membutuhkan tes.

“Kami mengirimkan peserta tes usap PCR 40 orang. Mereka berasal dari beberapa media cetak, online, dan televisi,” kata Sekretaris PWI Peduli Pusat Elly Pujianti.

Seperti sebelumnya, pelaksanaan PCR test kali ini juga melibatkan tim medis dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan dilaksanakan di Hall Gedung Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers, Agus Sudibyo, mengatakan, wartawan, khususnya mereka yang melakukan tugas peliputan di lapangan, saat ini menjadi salah satu jenis pekerjaan yang risiko terpapar Covid-19 paling tinggi.

“Untuk itu Dewan Pers sangat mengapresiasi kepedulian Djarum Foundation, FIFGROUP, dan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan tes swab PCR untuk insan media kelima ini,” kata Agus, dalam siaran pers PWI Pusat.

Dalam kesempatan sama, CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, menyatakan dukungannya terhadap program PCR test gratis yang diprakarsai oleh Dewan Pers dan lembaga terkait lainnya,

“Sebagai salah satu stakeholders, FIFGROUP mendukung penuh agar rekan-rekan media dapat bekerja dengan tenang dan tetap produktif di masa pandemi ini,” katanya.

Margono menambahkan, FIFGROUP juga bersyukur telah berperan serta membantu meringankan beban masyarakat sejak pandemi dengan memberikan lebih dari 76.000 paket sembako di 620 titik se-Indonesia, serta bantuan  delapan ventilator di enam6 propinsi dan alat pelindung diri (APD).

Senada dengan Margono, Corporate Communication Manager Djarum Foundation Budi Darmawan mengatakan, “Keterlibatan Djarum Foundation dalam kegiatan uji usap untuk pekerja media adalah kelanjutan dari program yang telah berjalan sejak Maret 2020.”

Direktur RSPP dr. Syamsul Bahri, MPH., menyampaikan apresiasinya terhadap sinergi FIFGROUP, Djarum Foundation dan Dewan Pers dalam upaya memotong rantai penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja media.

“Pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, upaya pencegahan penularan virus melalui screening terhadap orang-orang yang mempunyai risiko tinggi tertular Covid-19 seperti pekerja media menjadi sangat penting,” katanya.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru