Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Sebanyak 105 wartawan ikuti tes PCR di Dewan Pers

Sebanyak 105 wartawan ikuti tes PCR di Dewan Pers

Keterangan foto - Para wartawan antre masuk hall Dewan Pers untuk menjalani tes PCR, Kamis. (humas)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sebanyak 105 wartawan dan pekerja media mengikuti tes swab polymerase chain reaction (PCR) di Hall Gedung Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis.

Ketua Komisi Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, kegiatan diadakan atas kerja sama Dewan Pers dengan Astra dan RS Pusat Pertamina.

“Penanggulangan pandemi Covid-19 sangat ditentukan oleh keberhasilan dalam melakukan komunikasi massa. Di sini, wartawan berada di garda depan penanggulangan pandemi dengan senantiasa memberitakan perkembangan pandemi dan menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” kata Agus.

Namun, tambahnya, wartawan, khususnya yang berada di lapangan, sangat berisiko terpapar Covid-19. Dalam rangka melindungi dan meringankan beban para wartawan, Dewan Pers akan terus berupaya melaksanakan tes swab PCR untuk para wartawan.

Dewan Pers mengapresiasi kepedulian Astra dan RS Pusat Pertamina yang telah mendukung pelaksanaan tes swab PCR untuk insan media. “Terima kasih kepada Astra dan RS Pusat Pertamina sudah menunjukkan kepedulian yang tinggi. Semoga menjadi contoh untuk perusahaan-perusahaan yang lain,” kata Agus.

Dalam pelaksanaan tes swab PCR ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), dan Forum Pemred berperan dalam mengoordinir peserta tes dari anggota masing-masing.

Agus Widyandoko Susetyo dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) selaku koordinator pelaksanaan tes Swab PCR  menghadirkan sejumlah tenaga profesional, termasuk seorang dokter dalam pelaksanaan tes tersebut.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto menyambut baik kegiatan tes swab PCR untuk insan media. “Sebagai bagian dari upaya mendukung pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Astra mendukung inisiatif Dewan Pers membantu meringankan beban para insan media,” katanya.

Dr. Syamsul Bahri, MPH, Direktur RS Pusat Pertamina menambahkan, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, hal yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan (preventif) dengan melakukan skrining atas orang-orang yang mempunyai risiko tertular Covid-19.  (ril/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru