Wednesday, October 27, 2021
Home > Berita > Sambut Idul Adha, Yuk Berkurban Tanpa Sampah Plastik

Sambut Idul Adha, Yuk Berkurban Tanpa Sampah Plastik

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Proyeksi hewan kurban pada tahun 2020, di Pulau Jawa mencapai 273.000 ekor sapi dan 995.000 ekor kambing-domba.  Sedangkan secara nasional potensi ekonomi qurban Indonesia mencapai Rp 20,5 Triliun yang berasal dari 2,3 juta shahibul qurban. Dengan asumsi berat kambing-domba antara 20-80 kg, berat sapi antara 250-750 kg maka terdapat  sekitar 117 ribu ton daging yang tersebar pada hari raya Idul Adha. Hal itu berdasarkan data dari Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS).

Maka untuk mengantisipasi hal itu di masa pandemi Covid-19, Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Sapta Saptarina mengatakan terjadinya lonjakan sampah saat ini mencapai 27-36 % di Indonesia.

KLHK menghimbau kepada setiap kepala daerah agar melarang warganya menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging kurban mendapatkan respons yang baik. KLHK mengeluarkan Surat Edaran surat edaran nomor SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2019 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Hal itu dilakukan juga oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan menghimbau
agar panitia kurban menjaga  lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Yakni dengan tidak menggunakan kantong plastik dalam pembagian hewan kurban pada penyelenggaraan Idul Adha 1442 ini.

“Menggunakan kantong plastik satu kali pakai,  akan menimbulkan masalah. Apalagi, jika kantong plastik yang digunakannya dengan jumlah banyak,” ujar Wawan Setiawan, melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Beni Setiawan.

Ia mengatakan, sebagai pengganti kantong atau wadah  daging kurban adalah daun pisang dan daun jati. Selain itu, bisa juga menggunakan wadah anyaman bambu (besek) atau jenis wadah lain  yang bisa digunakan ulang, terutama yang bisa dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Ia pun mengimbau agar panitia kurban menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpilah, dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan salat idul Adha dan pembagian hewan kurban.

“Diharapkan panitia kurban melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan di lokasi pelaksanaan Idul Adha dan pembagian daging kurban,” ujarnya. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru