Thursday, May 19, 2022
Home > Berita > Mobil Wisata Odong – Odong, Ajak Wisatawan Jelajah Desa UMKM

Mobil Wisata Odong – Odong, Ajak Wisatawan Jelajah Desa UMKM

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Akhir pekan tiba, bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan dengan wisata yang unik. Ada satu desa di Kabupaten Kuningan yang menyajikan perjalanan mengunjungi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Adalah Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan ini merupakan Desa UMKM dan sentra oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan.

Di Desa Wisata UMKM ini, Anda akan diajak berkeliling ke para pelaku UMKM dengan menggunakan mobil odong – ondong yang disulap menjadi kendaraan wisata desa.

Kepala Desa Bojong, Adnan menuturkan UMKM terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesian, dan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional yaitu penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan.

Selain pendampingan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM, pemerintah desa juga akan menganggarkan untuk bantuan permodalan berupa peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.

“Mewujudkan Desa Bojong sebagai Desa UMKM ini juga merupakan dukungan terhadap program Bupati Kuningan yakni pinunjul berbasis desa,” ungkap Kepala Desa yang telah menjabat 2 periode ini.

Selain Wisata UMKM yang sedang berjalan dan dalam pengembangan, sebagai Desa UMKM, Desa Bojong juga akan menjadi sentra oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan, salahsatunya dengan membangun pasar oleh-oleh khas Kuningan.

Di pasar tersebut, kata Adnan, nantinya akan tersedia berbagai jenis oleh-oleh khas Kuningan mulai dari makanan tradisional, minuman, kerajinan tangan, kaos dan lainnya. Para Wisatawan yang datang ke objek wisata untuk menikmati alam dimana pun lokasinya, berbelanja di Pasar UMKM Bojong.

Bila Wisata UMKM, wisatawan tak hanya berbelanja namun juga mendapat edukasi proses pembuatan dan icip-icip makanan, di Pasar UMKM Bojong akan dijadikan surga belanja bagi wisatawan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan yang juga dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Selain wisata UMKM yang terus kami kembangkan, InsyaAllah, jika Allah menghendaki, kami akan membangun pasar UMKM yang semoga akan menjadi surga belanja bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan yang akan dikelola BUMDes,” terangnya.

Pemerintah Desa Bojong akan terus mendukung pelaku UMKM secara komprehensif dan sistematis, tak hanya berbagai pelatihan dan pendampingan termasuk pengurusan legalitas, namun juga akan berupaya memperhatikan produk, tempat, promosi, dan harga. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru