Monday, July 04, 2022
Home > Berita >  MGPA Optimistis Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung pada 10 Maret

 MGPA Optimistis Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung pada 10 Maret

Pengaspalan lintasan Sirkuit Mandalika sedang dilakukan. (mgpa)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor MotoGP Indonesia terus berbenah demi menyukseskan gelaran seri kedua yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, 18-20 Maret 2022, ditandai dengan menjalankan fokus utama saat ini yaitu pengaspalan ulang lintasan sirkuit.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan proses pembenahan lintasan dimulai sudah dimulai.

“Hari ini sudah berlangsung simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kemudian pengaspalan akan dilakukan pada 4-8 Maret. Sementara pengecatan dilaksanakan 9 Maret,” kata Priandhi kepada media, Rabu (2/3).

Sebelum dilakukan pengaspalan, lanjut Priandhi, lintasan telah dikelupas dan dibersihkan. Tujuannya agar permukaan bersih, sehingga ketika diaspal ulang bisa merekat dan mengurangi risiko kerusakan pada masa mendatang.

Priandhi juga menegaskan target penyelesaian pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika akan selesai paling lambat pada 10 Maret. “Tapi kami berharap semuanya rampung sebelum target tersebut,” kata Priandhi.

Dalam prosesnya, MGPA terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Pembangunan Jaya, Pembangunan Perumahan, konsultan dari dalam dan luar negeri, termasuk Dorna Sports dan FIM. Sehingga semua perbaikan yang dilakukan bisa berjalan baik dan rampung sebelum balapan berlangsung.

Lintasan Sirkuit Mandalika harus diaspal ulang merujuk pada hasil evaluasi saat menjadi tuan rumah tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Menanggapi hal itu, MGPA langsung bergerak cepat membenahi lintasan sesuai dari anjuran dari FIM dan Dorna Sports. Adapun bagian yang harus diaspal ulang meliputi sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5.

Selain pengaspalan ulang, fasilitas lainnya juga turut dibenahi. Misalnya Race Control dan bangunan-bangunan kantor operasional Grand Prix. Selain itu juga pengerjaan tribun penonton seperti Hospitality Suites VIP Village, grandstand dan Royal Box untuk para penonton VIP. Semuanya ditargetkan rampung sebelum balapan MotoGP Indonesia bergulir.

Selain melakukan pembenahan, MGPA juga terus melakukan kegiatan-kegiatan lainnya  untuk meramaikan euforia menyambut gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Agenda pra-race

Direktur Utama MGPA Cahyadi Wanda yang menyebut semua persiapan saat ini dilakukan sedetail mungkin. Dia pun membeberkan agenda-agenda sebelum balapan dimulai.

“Kemarin kita sudah berhasil melaksanakan tes pramusim dengan catatan yang baik dari Dorna. Bukan hanya persiapan dari sirkuit melainkan mulai dari kedatangan pembalap hingga yang lainnya. Kita mendapat feedback baik dan diharapkan dapat mempertahankannya,” ujarnya.

Tak hanya Lombok, Cahyadi juga mengungkapkan euforia menyambut gelaran MotoGP di Indonesia juga terasa di berbagai daerah lainnya termasuk di ibu kota dengan adanya Mandalika GP Hub Jakarta yang terletak di Oval Atrium Epicentrum. “Ada banyak kegiatan di sini, seperti promosi dan lainnya.

Suasana race sudah terasa degan berbagai kegiatan yang sedang berlangsung seperti lomba mini 4WD. Di saat yang bersamaan juga kita banyak melakukan kerja sama dengan pembalap,” pungkas Cahyadi.

Di lokasi ini, masyarakat umum dapat melihat dari dekat salah satu unit electric safety car BMW yang akan digunakan di Mandalika dan mencoba simulator motor balap. Selain itu ada pula kompetisi mobil balap mini Tamiya atau Mini 4WD dan beberapa booth yang menyediakan giveaway menarik.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru