Wednesday, September 22, 2021
Home > Berita > Menpora sambut kepulangan Leani Ratri Oktila dkk

Menpora sambut kepulangan Leani Ratri Oktila dkk

Kontingen tim nasional Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 telah kembali ke tanah air. Kedatangan pahlawan-pahlawan olahraga tersebut disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (7/9) dini hari.(Foto:putra/kemenpora.go.id)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 telah kembali ke tanah air. Kedatangan pahlawan-pahlawan olahraga tersebut disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (7/9) dini hari.

Rombongan kloter terakhir kontingen Indonesia ini dipimpin langsung  Chef de Mission Andi Herman dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun. Sementara itu terdapat 14 atlet dari sejumlah cabang olahraga diantaranya peraih medali emas Leani Ratri Oktila, Khalimatus Sadiyah dan Hary Susanto. Demikian dikutip dari kemenpora.go.id.

Kepulangan atlet paragames yang dijemput langsung Menpora Amali ini mendapat sorotan dari masyarakat, terutama warga internet (warganet) di media sosial. Para warganet mengaku bangga dengan torehan prestasi kontingen nasional yang berhasil memperoleh 9 medali, yakni 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Sebanyak 14 atlet kotingen Paralimpiade Tokyo 2020 kloter terakhir tiba di Tanah Air. Diantaranya ada peraih tiga medali sekaligus dari cabang olahraga parabulutangkis, Leani Ratri Oktila. Selain itu, ada pula peraih medali emas Khalimatus Sadiyah (ganda putri parabulutangkis) dan Hary Susanto (ganda campuran parabulutangkis).

Selain itu ada peraih perak, Dheva Anrimusthi, peraih perunggu diantaranya Fredy Setiyawan, Suryo Nugroho, Sapto Yogo Purnomoserta. Serta Ukun Rukaendi, Famini, Jaenal Aripin,Elvin Elhudia Sesa, Karisma Evi Tiarani, Putri Aulia, Setiyo Budi Hartanto dan CdM, pelatih dan ofisial.

Saat menyambut kedatangan para atlet, pelatih dan ofisial Menpora Amali mewakili pemerintah menyampaikan rasa bangga atas torehan prestasi yang diraih kontingen Indonesia di Paralimpiade 2020 dengan total 9 medali.

Menurutnya, torehan prestasi tersebut melampaui target dari pemerintah dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk perbaikan peringkat dari Paralimpiade di Rio De Jeneiro 2016.

Dimana kala itu, Indonesia menempati peringkat 76 dengan perolehan satu perunggu. Sementara Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil menempati peringkat 43 dengan perolehan 9 medali yakni 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu.

“Alhamdulillah target-target yang ada tercapai, bahkan terlampaui. Karena itu saya atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada NPC, Pak Senny Marbun dan para atlet atas raihan prestasi,” ucapnya.

Menpora Amali juga menyampaikan salam hangat dan rasa bangga Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia atas prestasi yang membanggakan buat bangsa dan negara tersebut.

“Salam hangat dan rasa bangga dari bapak Presiden Joko Widodo, semalam beliau sampaikan kepada saya karena saya melapor akan menjemput kontingen Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air. Beliau menyampaikan, salam hangat dan ucapan terimakasih atas nama pemerintah dan s)eluruh rakyat Indonesia kepada para pendamping, para pelatih, para atlet dan kontingan Indonesia,” pungkasnya.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020 digelar 24 Agustus- 5 September 2021 ini Indonesia berhasil meraih total 9 medali (dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu) dari 23 para atlet yang turun di tujuh cabang olahraga.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru