Wednesday, September 22, 2021
Home > Cerita > Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh: Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh: Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Brokoli.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Manfaat brokoli untuk tubuh sangat banyak karena kandungan gizi dan nutrisinya yang melimpah. Sayuran ini bisa diolah untuk jenis makanan tumis atau rebus yang sangat lezat.

Berikut ini 7 manfaat brokoli.

1. Mencegah Kanker
Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang mengan senyawa anti-kanker. Senyawa tersebut bisa mengusir bakteri Helicobacter pylori dalam tubuh. Bakteri Helicobacter pylori adalah salah satu bakteri yang bisa meningkatan resiko kanker lambung.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Brokoli mengandung karotenoid lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. Kandungan vitamin B6 dan asam folat pada brokoli bisa mengurangi rada pada pembuluh dara manusia.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A pada brokoli dapat membantu menjaga kesehatan mata yang diperlukan untuk membentuk retina. Karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bisa mencegah katarak mata.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam satu gelas brokoli yang mengandung beta-karoten memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan mineral seperti seng dan selenium dapat mempertahankan kekebalan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi pada brokoli bisa menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Menjaga Sistem Saraf
Kalium yang terkandung dalam brokoli bisa menjaga sistem saraf pada otak sehingg dapat bekerja secara optimal dan mendorong perkembangan otot.

7. Melawan Radikal Bebas
Brokoli memliki kandungan vitamin C yang tinggi dan anti-oksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dan meringankan flu. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru