Saturday, November 27, 2021
Home > Berita > Geger! Nelayan Waduk Darma Temukan Ikan Taiwan Raksasa

Geger! Nelayan Waduk Darma Temukan Ikan Taiwan Raksasa

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Di tengah kematian puluhan ton ikan di Waduk Darma yang diprediksi akibat adanya pancaroba (perubahan iklim) dan juga akibat jenuhnya kandungan pakan di dalam air.

Nelayan asal Desa Jagara temukan Ikan raksasa berukuran 38 kg ditemukan di Waduk Darma, Desa Jagara, pada Minggu (20/6/2021).

Melalu video berdurasi 1 menit 48 detik, Dadang mengungkapkan kesulitannya saat menangkap hewan tersebut. “Pas nangkapnya saya sempat pontang – panting karena beratnya,”jelas Dadang yang juga Sekretaris Desa Jagara.

Meski kehilangan satu unit handphone yang hancur terbanting saat menangkap ikan “raksasa” itu, Dedi mengaku puas akhirnya bisa menangkapnya. Ia tidak sendiri, saat menangkap ikan lokal yang beratnya tak lazim ini, dirinya dibantu seorang warga lain bernama Jojo.

Baginya penemuan ikan raksasa itu bukanlah kali pertama, Ia pun pernah menemukannya pada tahun 2016, dengan berat yang hampir sama. “Iya dulu lima tahun yang lalu saya pernah nemuin juga ikan taiwan ini, Rasanya berbeda dengan ikan yang lain, agak amis,”kata Dadang.

Bentuknya pun berbeda dengan ikan bandeng biasanya, ikan yang disebut ikan taiwan oleh penduduk sekitar ini, tidak memiliki sisik dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. ” Dulu waktu sama orang Taiwannya sendiri, satu kepalanya saja bisa dihargai Rp. 250 ribu, tapi saya ngga jual,”ujar Dadang, yang lebih memilih untuk membagikan kepada kerabatnya daripada menjualnya.

Dituturkan Dadang, awal mula adanya Ikan Taiwan di Waduk Darma, yakni pada tahun 2013, ikan Taiwan itu sengaja dibudidayakan oleh orang Taiwan di dalam jaring. “Ini mungkin yang lepas dari jaring, jadi ada di luar,”paparnya.

Di lain pihak Guru SMKN 1 jurusan perikanan, Sumadi mengatakan Ikan yang ditangkap oleh nelayan tersebut merupakan ikan bandeng air tawar dengan jenis carper. “Tidak bersisik , ikan bandeng air tawar, jenis carper, bisa berukuran raksasa karena dalam usia bertahun – tahun,”jelasnya.

Perlu diketahui tahun 2019, ikan raksasa dengan jenis yang sama juga ditemukan oleh warga dengan ukuran 34 kg. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru