Thursday, December 03, 2020
Home > Headline > Beginilah Sepakbola Indah Menurut Jose Mourinho

Beginilah Sepakbola Indah Menurut Jose Mourinho

jose mourinho

jose mourinho

Sepakbola indah Jose Mourinho – Klub yang sedang memuncaki papan klasemen Liga Inggris saat ini Chelsea sedang dalam sorotan, lantaran penampilannya yang dianggap membosankan oleh sebagian orang, khususnya oleh para pendukung Arsenal, bahkan saat Chelsea berhadapan dengan Arsenal akhir pekan lalu para pendukung Arsenal bahkan sempat meneriaki Chelsea dengan yel “boring, boring Chelsea”, menurut mereka permainan Chelsea tidak indah bahkan tidak sedap untuk di tonton, skor akhir kala itu imbang tanpa ada sebiji pun gol tercipta.

Namun sang pelatih yang menjuluki dirinya dengan “The Happy One” Jose Mourinho membela timnya, dan mempertanyakan definisi sepakbola indah itu sendiri.

Bagi Mourinho, sepakbola itu sederhana. Yang terpenting bagi pria asal Portugal itu adalah timnya bisa mencetak gol sebanyak mungkin dan kebobolan sesedikit mungkin. Dia tidak terlalu memperdulikan apakah timnya dominan atau didominasi saat bertanding.

“Mungkin masa depan sepakbola adalah karpet rumput hijau yang indah tanpa gawang. Dan di atas lapangan yang indah, tim yang punya penguasaan bola lebih besar menang,” kata Mourinho di Daily Mail.

“Karena semua orang bicara soal tim-tim yang bermain luar biasa baik: ‘Tim saya punya penguasaan bola yang bagus’ dan ‘Oh, kami membangun serangan sangat baik’. Bagus. Tampaknya di sana tidak ada gawang.

“Anda menganggap sebuah tim yang mencetak gol sebanyak kami sebagai tim yang membosankan, tapi tim yang punya penguasaan bola 70 persen dan tidak mencetak gol tidak membosankan.

“Mungkin ketika saya sudah jadi kakek, sepakbola akan dimainkan tanpa gawang dan kita cuma akan melihat orang-orang yang mengoper bola. Mungkin memasukkan bola ke gawang bukan tujuan dan mencegah bola masuk gawang Anda tidak penting.

“Ketika sepakbola dimulai berabad-abad yang lalu, ada satu tujuan dan sekarang tampaknya ada tujuan lain. Sepakbola adalah tentang memasukkan bola ke gawang lawan dan menjaga agar bola tak masuk gawang Anda,” ujar Mourinho.

Mourinho menambahkan, untuk menjadi juara tidak harus memperagakan gaya permainan yang cantik dan atraktif seperti yang sering ditunjukkan oleh, misalnya, Barcelona.

“Barcelona, indah setiap pekan? Kapan sih puncak mereka? Ketika Real Madrid juara?” katanya.

“Bagi saya, sepakbola indah adalah tahu persis cara main yang harus Anda tampilkan dan apa yang harus Anda lakukan. Di Arsenal, kami brilian. Kami brilian sejak menit pertama.

“Gaya dan keelokan, apa itu? Cara orang-orang menganalisis gaya dan keelokan adalah dengan meniadakan gawang di lapangan. Itu adalah sepakbola yang mereka mainkan di bulan — dan permukaan di sana tidak bagus. Ada lubang-lubang. Tapi tidak ada gawang.

“Itu datang dari kalian (media) atau dari beberapa manajer yang cuma bisa melatih para pemainnya untuk terus mempertahankan bola,” kata Mourinho.

Di bawah komando Mourinho, Chelsea menjadi salah satu tim terproduktif di Premier League musim ini. Mereka sudah mencetak 65 gol dalam 33 partai, cuma kalah dari Manchester City (70 gol dalam 34 laga).

Chelsea juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik bersama Southampton. Dua tim itu baru kebobolan 26 gol.

“Siapa yang mencetak gol-gol paling indah? Apakah itu kriterianya? Kalau iya, Chelsea melakukan hal itu secara kolektif lewat keindahan beberapa gol yang kami buat. Atau Anda akan menyebut Charlie Adam (yang bikin gol dari belakang garis tengah ke gawang Chelsea), dan itu pastinya merupakan gol terbaik musim ini.

“Jika jumlah gol menentukan apakah sebuah tim bagus, jelek, atau membosankan, Manchester City memang mencetak lebih banyak gol. Tapi, 18 tim lainnya mencetak gol lebih sedikit. Oleh karena itu, ada 18 tim yang lebih membosankan daripada kami.

“Jika itu adalah tim dengan poin yang lebih banyak, kami yang terbaik. Jika itu adalah tim dengan paling banyak kemenangan, kami juga yang terbaik. Jika tim terbaik adalah yang paling sedikit kalah, kami juga yang terbaik.

“Jika tim terbaik adalah juara, belum, tapi tim yang memimpin, kami adalah yang terbaik. Jika tim terbaik paling sedikit kebobolan, kami tim terbaik kedua. Dalam poin analisis apapun, kriteria apapun, kami adalah tim terbaik atau terbaik kedua,” kata Mourinho.

Berikut pernyataan resminya soal sepakbola tanpa gawang, seperti dilansir BBC

(dtc/zl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru