Tuesday, October 22, 2019
Home > Berita > Yayasan Kewalahan Layani Pesanan PRT Infal, Paket Gajinya Rp 3,5 Juta Sebulan

Yayasan Kewalahan Layani Pesanan PRT Infal, Paket Gajinya Rp 3,5 Juta Sebulan

PRT Infal di yayasan yang siap dipesan peminat. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pembantu rumah tangga (PRT) atau baby sitter mudik Lebaran, tak usah khawatir, asal mau bayar agak mahal, banyak tenaga di yayasan. Tapi ternyata tidak semudah itu, karena yang pesan pun belum tentu dapat.

“Waduh susah bener dapetin PRT sementara (infal). Sudah pesan beberapa hari tapi belum ada juga,” keluh Mustika, warga Kebayoran Baru, Minggu (18/6).

Tak urung H-7 lebaran, yayasan PRT kewalahan melayani order PRT dan baby sitter infal dengan biaya per hari Rp 150 ribu-Rp 200 ribu. Ditambah biaya administrasi sekitar Rp 800 ribu-Rp 1,5 juta.

“Kami melayani pesanan PRT dan baby sitter infal sejak seminggu puasa. Puncaknya seminggu jelang Idul Fitri, kami lumayan kewalahan orderan nih,” kata Ita KM, pengelola Yayasan Kasih Ibu Sejati di Tegal Parang, Mampang Prapatan.

Menurut Ita, PRT dan baby sitter yang direkrutnya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung. Sebagian besar sudah berpengalaman bekerja di bidangnya.

Setiap majikan yang akan menggunakan jasa PRT infal harus membayar biaya administrasi Rp1,2 juta per orang. Sedangkan administrasi infal paket (30 hari) dikenakan biaya Rp1,5 juta/orang. Adapun untuk gaji PRT infal sekitar Rp 150 ribu-Rp 200 ribu/hari. Khusus PRT infal paket mendapatkan gaji di kisaran Rp 3 juta-Rp 3,5 juta/bulan.

“Biasanya jika PRT dan majikan cocok dari infal berlanjut ke kerja permanen,” imbuhnya.

Wahyuti dari Yayasan Borobudur di Cilandak menuturkan pesanan PRT dan baby sitter infal terus membanjir mendekati Idul Fitri. “Pesanan tenaga infal untuk PRT dan baby sitter bahkan sudah berdatangan sejak beberapa hari sebelum puasa. Terutama dari para pelanggan kami,” jelasnya.

Ia menerapkan biaya administrasi Rp 800 ribu untuk infal PRT dengan gaji harian minimal 12 hari mulai Rp 100 ribu-Rp 150 ribu. Untuk paket sebulan digaji Rp 2,4 juta-Rp 2,6 juta.

Sementara itu untuk infal baby sitter, Wahyuti juga mengenakan biaya administrasi Rp800 ribu. Baby sitter ini jika digaji harian minimal 12 hari sekitar Rp 150ribu-Rp 250 ribu per hari. Untuk paket sebulan Rp 3,2 juta- Rp 4 juta. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru