Monday, October 14, 2019
Home > Berita > WNI di Qatar Upacara HUT RI ke-71 Pukul 17.00

WNI di Qatar Upacara HUT RI ke-71 Pukul 17.00

Qatar-HUT-RI-ke-71

Qatar-HUT-RI-ke-71

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – WNI di Qatar Upacara HUT RI ke-71, KBRI Doha bersama komunitas Indonesia dan wakil dari 50 organisasi masyarakat (Ormas) Indonesia di Qatar menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di KBRI Doha pada Rabu 17 Agustus 2016 pada pukul 17.00 waktu setempat.

Tidak seperti lazimnya di tempat lain, upacara dimulai sore hari pukul 17.00 guna menghindari cuaca ekstrim yang dapat mencapai 50 derajat celcius pada siang hari. Pemerintah Qatar mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan outdoor yang dikawatirkan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Upacara yang dilakukan KBRI Doha bekerja sama dengan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang menjadi wadah bagi 43 ribu WNI yang tergabung dari 50 ormas yang tersebar di berbagai kota di Qatar seperti Dukhan, Messaid, Wakrah, Alkhor dan Doha.

Upacara yang diikuti sekitar 500 orang bertemakan “Indonesia Kerja Nyata.” Bertindak selaku Inspektur Upacara  adalah Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi dan Komandan Upacara, Mardi Syahputra.

Usai  menyerahkan hadiah kepada pemenang pertandingan olah raga, Dubes Basri yang didampingi istrinya, Andi Una, mengatakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini bertujuan untuk menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Indonesia di Qatar.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan seluruh WNI yang hadir berbaur menjadi satu dalam hidangan yang disajikan KBRI Doha, dalam rangka ramah tamah dan silaturahim antar seluruh WNI yang berada di Qatar.

Dalam sambutannya, Dubes Basri  menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh WNI yang hadir dalam upacara HUT RI yang bersamaan dengan peringatan 40 tahun hubungan RI-Qatar.

Dubes mengimbau agar setiap WNI menjadi Duta Bangsa yang baik di Qatar yang selalu mencerminkan kepribadian bangsa dan menjaga rasa persatuan serta kesatuan.

Dubes yang mantan pilot pertama F-16 ini memaparkan misinya guna meningkatkan hubungan kedua negara yang berdampak kongkrit bagi kesejahteraan rakyat. “Pesatnya kerjasama ekonomi dan investasi kedua negara yang merupakan indikasi positif hubungan RI-Qatar ” ujar mantan anggota DPR ini.

Dubes kelahiran Wajo Sengkang ini memaparkan harapannya agar WNI khususnya komunitas diaspora bersama-sama KBRI untuk memanfaatkan berbagai peluang usaha sehubungan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan kebijakan look east Qatar.  “Kerjasama dengan komunitas diaspora sangat diharapkan guna membantu meningkatkan hubungan RI-Qatar menjadi lebih baik di masa mendatang”, papar mantan Irjen TNI tersebut.

Andik Maulana, tokoh masyarakat dari kota Alhor mengatakan peringatan HUT RI selalu menumbuhkan jiwa kebangsaan.

“Menambah rasa nasionalisme terhadap tanah air” ungkap Andik yang bekerja pada perusahaan RasGas. Soraya Alyahya, seorang dokter gigi yang pernah bermukim di berbagai negara menyatakan Perayaan HUT RI adalah momentum yang mengharukan.

“Ketika merayakan HUT RI, kita melakukan internalisasi akan makna kemerdekaan,” ujar Soraya dengan wajah haru ketika ditanya perasaannya usai upacara.

Hal yang sama disampaikan oleh Lalla S. Nurcasa, WNI yang memasuki tahun kedua bermukim di Qatar ”Upacara HUT RI di Doha selalu memberikan kesan mendalam. ‎Momentum di mana persatuan antar sesama WNI sangat terasa” kata dia.

Menurut Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan, KBRI berupaya untuk memanfaatkan Peringatan HUT RI untuk memobilisasi seluruh potensi dan sumber daya dari 43 ribu WNI untuk lebih berperan dalam peningkatan hubungan RI-Qatar.  (SP/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru