Thursday, November 21, 2019
Home > Cerita > Wisata: Pesona Pantai Selatan di Jawa Barat, Berkarang Curam

Wisata: Pesona Pantai Selatan di Jawa Barat, Berkarang Curam

Pantai Karangtawulan di Cikalong, Tasikmalaya. (ist)

 

MIMBAR-RAKYAT.COM (Wisata) – Pantai-pantai di selatan Jawa Barat, terkenal mempesona. Salah satu di antaranya, Pantai Karangtawulan yang patut dikunjungi. Karena deru ombak laut selatan yang menghantam karang-karang berserakan, mewarnai keheningan obyek wisata ini. Tetapi, sejumlah pantai juga kami tampilkan di bawah ini.

Karangtawulan merupakan salah satu pantai yang berkarang curam. Sekitar 300 meter dari bibir pantai terdapat beberapa Atol atau Pulau Karang yang pada musim tertentu dihuni berbagai jenis burung.

Lokasinya di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak sekitar 97 km dari pusat Kota Tasikmalaya atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

Sekitar 100 meter ke arah timur dari Pantai Kawangtawulan terdapat Makam Keramat Syekh Abdul Rohman dan Eyang Garuda Ngupuk dan di sebelahnya terdapat Goa Parat dan Goa Lalay.

CIPATUJAH
Pantai Selatan Tasikmalaya, pada 2006 sempat porak-poranda hantam tsunami. Kini di wilayah ini terkenal dengan Pantai Cipatujah yang merupakan salah satu obyek wisata alam.

Daya tarik utamanya, wisata bahari yang ada di Kabupaten Tasikmalaya mulai bersolek kembali. Saat ini dikawasan wisata ini dibangun kios-kios wisata, gazebo, tempat bermain anak, menara tempat memandang, mesjid, panggung terbuka, penginapan, arena parkir luas, serta sarana rekreasi lainnya.

SINDANGKERTA
Keindahan panorama obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Pantai Sindangkerta. Pantai ini hanya berjarak 4 km dari Pantai Cipatujah ke arah timur.

Kawasan wisata sangat cocok untuk tempat wisata baik keluarga maupun rombongan. Banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh di pinggiran pantai dan semilir angin laut menciptakan kesejukan dan menjadikan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Pada obyek wisata akan didapati Taman Lengsar atau Taman Datar, karena terdapat karang yang datar dan cukup luas yang akan jelas terlihat apabila permukaan laut sedang surut.

Pada ujung karang datar ini, biasanya digunakan wisatawan untuk memancing ikan, karena posisinya yang menjorok ke arah laut membuat pengunjung yang hobi memancing kerap kali mendapatkan ikan yang cukup besar.

CIJERUK INDAH
Pantai Cijeruk Indah merupakan obyek wisata pantai di Kabupaten Garut yang terletak di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk, Jawa Barat.

Pantai ini sering dikunjungi wisatawan, terutama kaum muda untuk tempat berkemah, karena pantainya landai.

JAYANTI
Pantai Jayanti yang indah dan menarik, berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan.

Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi ke Pantai Jayanti. Terletak di Kecamatan Cidaun. Jarak dari Kota Cianjur sekitar 139 km.

GUNUNG GEDER
Pantai Gunung Geder terletak di Cijambe, Kecamatan Cikelet dengan jarak 90 km dari Kota Garut atau ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan. Sarana jalan cukup bagus, kendaraan bisa sampai ke kawasan obyek.

Obyek wisata ini cocok untuk wisatawan yang menikmati pantai di pagi atau di sore hari, karena pada saat itu udaranya cukup panas. Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini melihat panorama pantai, jalan-jalan dan berkemah

SANTOLO
Pantai yang cukup populer di Kabupaten Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat Kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km.

Pantai ini cukup dikenal di Kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata. Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah.

Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

KARANG PARANJE
Karang Paranje salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Garut yang belum dikembangkan. Memiliki temperatur antara 17-27 derajat celcius. Sinar matahari di pantai ini rata-rata terik dan mempunyai tiupan angin yang besar.

Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
Di pantai ini juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis dari matahari terbenam (sunset) secara jelas.

SANCANG
Pantai Sancang nerupakan obyek wisata pantai yang terletak di kawasan Garut selatan, tepatnya berjarak 2 km dari pusat Kecamatan Pameungpeuk, 20 km dari kota Kabupaten Garut, serta 180 km dari Bandung.

Jalan menuju ke Pantai Sancang adalah kelas jalan kecamatan dan dengan lebar jalan 3 m, dan jalan desa selebar 2,5 m, serta jalan setapak (foot trail) selebar 0,5 meter.
PAMAYANGSARI
Pantai Pamayangsari merupakan salah satu obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cipatujah. Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas.

Berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindungi. Di sebelah timurnya terdapat Pelabuhan Nelayan dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Di pantai ini pula akan segera dibangun pelabuhan untuk menunjang arus transportasi laut. Setiap tahun tepatnya setiap awal bulan Muharam tahun hijriyah, di pantai ini selalu diadakan ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas.

RANCABUAYA
Pantai Rancabuaya terletak di daerah Garut Selatan. Pantai ini memiliki batu-batu karang besar dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang sangat besar.

Area Pantai Rancabuaya Garut mempunyai dua buah vila milik mahasiswa dan dosen ITS, dan 4 buah penginapan dalam kondisi yang baik, 40 buah kios dengan kondisi baik, dan sebuah tempat parkir seluas 3 hektar yang dapat menampung 100 bus.

Kondisinya masih dalam pembangunan dengan lapisan permukaan tanah dan vegetasi peneduh memadai.

Pantai ini memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal. Tapi pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar, yaitu dengan adanya akses jalan yang cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru