Sunday, August 09, 2020
Home > Cerita > Wisata: Pesona Alam Parongpong, Kawasan Sejuk di Kaki Gunung Tangkuban Perahu

Wisata: Pesona Alam Parongpong, Kawasan Sejuk di Kaki Gunung Tangkuban Perahu

Taman bunga di Kawasan Parongpong, Jabar. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Wisata) – Bila kita melancong ke kawasan Parongpong di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kita akan disuguhi pesona alam nan indah. Di kawasan ini, kita punya banyak pilihan, di antaranya menikmati hamparan kebun bunga warna warni.

Fasuilitasnya juga tergolong lengkap, termasuk hotel murah di Bandung yang dekat dengan lokasi rekreasi di Parongpong.

Obyek wisata Parongpong sangat alami dengan udara yang sejuk, karena Parongpong berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Penduduk Parongpong sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani bunga dan holtikultura, serta peternak, yang banyak memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya alam kehidupan sehari-hari.

Beberapa tempat di Parongpong sangat cocok kita kunjungi. Karena fasilitas yang ada juga memadai, seperti penginapan dan tempat rekreasi bersama keluarga. Serta jalanan ke daerah ini juga sangat bagus.

Nah, di bawah ini ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman-teman:

1. Taman Bunga Cihideung
2. Wisata Kuliner Kampung Daun
3. Wisata Belanja dan Bermain Kampung Gajah
4. Kampung Jadoel
5. Wisata Cafe The Peak
6. Wisata Outbond CIC
7. Kampung Strawberry
8. Villa Istana Bunga
9. Cafe Sapu Lidi
10. Perkebunan Teh Sukawana
11.Curug Panganten
12. Wisata Kuda Kavalerri
13. Water Boom.

Bagi pelancong yang ingin mencoba obyek wisata di Kecamatan Parongpong, ini bisa mengunjungi beberapa tempat di atas sebagai alternatif tujuan rekreasi.

KAWASAN BUNGA CIHIDEUNG
Desa Cihideung, terletak di Kecamatan Parongpong, dulunya tempat warga bercocok tanam ala kadarnya. Tapi sekarang kawasan ini telah berkembang menjadi Kawasan Wisata Bunga.

Di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan berbagai jenis. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman potong.

Taman Wisata Bunga Cihideung, di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung hanya sekitar 20 Km dari Kota Bandung.

Tempat ini juga bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Letaknya sekitar 4,7 Km dari Jalan Sersan Abjuri di dekat pertigaan Terminal Ledeng ke arah jalan menuju Lembang.

Di Desa Wisata Bunga Cihideung santa terasa keindahan dan keasrian alamnya. Hamparan kebun bunga dengan segala macam variasinya sangat memanjakan mata dan menjanjikan kedamaian hati.

Dari mulai bunga krisan, mawar, gladiol, aster, bahkan sampai pohon buah jeruk kimkit dapat ditemui. Di sini harga bunga potong maupun bunga pot atau polybag sangat bersaing dan keramahan para petani serta penjual bunga membuat anda betah dan terkesan.

Keahlian lain dari para petani bunga di Cihideung adalah membuat dekorasi untuk acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dekorasi acara-acara seminar, serta dekorasi untuk pertamanan di halaman rumah.

MEMETIK STRAWBERRY
Parompong bukan hanya dikenal banyaknya kebun bunga, tetapi juga dikenal sebagai tempat tumbuhnya kebun strawberry. Di daerah ini, obyek yang satu ini mungkin agak sedikit berbeda dengan obyek wisata lainnya yang ada di Bandung. Karena, konsep yang di usung adalah berkebun.

Wisata berkebun mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi yang selalu dan biasa dengan tampilah kota yang sibuk, padat dan juga rapat. Dengan, wisata berkebun maka akan merasakan bagai mana menikmati alam dan isinya yaitu bagai mana mengahargai alam.

Wisata dengan mengusung tema perkebunan ini juga tidak hanya sekedar wisata saja namun wisata ini juga bertujuan untuk wisata edukasi.

Bagi yang ingin membawa anaknya ke tempat ini berarti telah melatih anak bagaimana memetik dan berkebun strawberry. Dan salah satu tempat yang sudah terkenal dengan kebun strawberrynya di Bandung yaitu Kebun Strawberry Parongpong.

Kebun Strawbery Parongpong yang dikunjungi memliki hamparan strawberry yang jumlahnya ribuan atau sulit dihitung. Jadi bila mengunjungi tempat ini yang akan terlihat hanya warna merah berkelip kelip di antara rimbunya daun hijau yang menyelimuti bagian warna merahnya.

Ketika berjalan menyusuri kebun ini, kita akan merasakan bagaimana atmosfer yang berbeda yaitu segar dan sejuk. Kita akan merasa tak tahan untuk memetik salah satu buah berwana merah yang menempel di bagian tangkai tangkai dari pohon strawberry yang ada.

Di tempat ini juga tidak hanya bisa memetik melainkan juga bisa merasakan kesegaran dan kenikmatan dari buah strawberry langsung dari pohonnya.

Kesegaran dari buahnya sangat terasa di tenggoran. Di saat memetik dan sambil menikmati keenakannya, masih bisa menyisihkan untuk keluarga di rumah agar bisa menikmati kesegaran strawberry tersebut. (johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru