Saturday, December 14, 2019
Home > Cerita > Wisata: Pantai Pasir Putih Bandar Lampung, Menyenangkan Buat Menghilangkan Penat

Wisata: Pantai Pasir Putih Bandar Lampung, Menyenangkan Buat Menghilangkan Penat

Pantai Pasir Putih di Bandar Lampung. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.COM (Wisata) – Berhari-hari kerja, rasanya badan pegal-pegal. Di akhir pekan tak ada salahnya menghilangkan kepenatan melancong ke Pantai Pasir Putih, yang lokasinya hanya 20 menit atau 20 km dari Kota Bandarlampung.

Pasir Putih terletak di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), di Desa Tarahan, Lampung Selatan. Melancong ke pantai ini, tergolong hemat biaya, selain letaknya dekat, juga lokasinya menyenangkan.

Bagi pendatang dari luar Lampung yang menginap di hotel-hotel seperti Sheraton di sekitar Telukbetung, Tanjung Karang, dan Panjang, rasanya kiyurang pas bila tak mampir ke Pantai Pasir Putih.

Masuk ke lokasi pantai, juga tergolong murah, cuma Rp7 ribu per orang. Begitu tiba di lokasi pantai, langsung disambut hembusan angin yang sejuk, hamparan pasir putih halus yang menjadi ciri khasnya, serta bentangan laut lepas nan biru mengundang pengunjung untuk berenang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, selain duduk-duduk, bermain pasir, dan berenang di laut, bisa juga berkeliling laut dengan menyewa perahu untuk ke Pulau Codong dan Pulau Bule.

Tarif per perahu cuma Rp100 ribu pulang pergi. Dari atas perahu bisa menyaksikan sunset yang menawan.

Di sekitar pantai, bila lapar tak perlu khawatir, karena banyak yang berjualan makanan dan minuman dengan harga terjangkau kantong. Di Jalinsum sekitar pantai, banyak juga restoran-restoran yang menyajikan ikan bakar.

Pedagang souvenir juga banyak, buat oleh-oleh teman atau tetangga. Akhir pekan merupakan waktu paling tepat berlibur di sini. Karena ketenangan dan keindahannya akan dirasakan dengan penuh ceria. Perpaduan pasir yang putih dan pepohonan yang melambai dengan laut yang biru, akan membuat siapapun takjub dan terpana.

Pantai Pasir Putih memang sudah menjadi kebanggaan masyarakat Lampung. Tidak hanya digemari wisatawan dalam negeri tapi juga wisatawan mancanegara.

Selain kegiatan menghabiskan waktu tiduran, berjalan-jalan atau mencari objek foto di sekitar pantai, pelancong bisa juga berpetualang dengan menyewa perahu nelayan.

Kita bisa ke pergi ke pulau-pulau kecil di sekitar Pantai Pasir Putih, di antaranya Pulau Codong dan Pulau Bule.

Di pulau ini kita bisa melihat keramba-keramba yang dipasang nelayan untuk menangkap ikan. Sang nelayan yang memandu perahu, nantinya akan menceritakan bagaimana mereka menangkap ikan.

Bila malam hari, keramba-keramba nelayan ini akan terlihat kerlap-kerlip di tengah laun, karena di atas keramba itu dipasangi lampu.

Pulau Codong tidak kalah menarik dari Pantai Pasir Putih. Pasirnya juga putih dan bersih, di sini kita juga bermain kano dan snorkling.

Jika ingin menikmati keindahan bawah laut, perhi juga ke Pulau Bule. Beragam jenis terumbu karang dan ikan hias tersaji di sekitar pulau ini. Penumpang perahu biasanya menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik dengan menggunakan sebuah kotak dari kaca, alat tradisional yang biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk mencari lobster dan kepiting karang.

Pengunjung juga bisa bersantai dan piknik di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam pantai yang memukau.

ANDALAN LAMPUNG
Pantai Pasir Putih merupakan salah satu andalan wisata Provinsi Lampung yang berada di Teluk Lampung. Karenanya sebagian besar warga Lampung mengenal pantai yang satu ini.

Pasir Putih bersaing dengan obyek wisata lain seperti Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Pantai Merak Belantung, Air Terjun Way Lalaan, Taman Purbakala Pugung Raharjo, Danau Ranau, Teluk kiluan, dan Menara Siger.

Pantai Pasir Putih bersih, pasir putih dengan pepohonan yang cukup rindang (didominasi pohon waru). Fasilitas lengkap: (perahu, kano, warung, toko cindramata, restoran, musola, MCK, sertya penginapan). Dekat dengan pulau-pulau kecil (10 menit naik perahu/kano).

Tiket masuk murah, Rp 20.000 per mobil, dan Rp 7 ribu per orang.
Dinamai Pantai Pasir Putih, karena sesuai dengan lokasinya pasir pantainya putih dan halus. Terhampar putih, sesuai dengan karakteristik pantai di Teluk Lampung.

Dari pantai ini, juga terhampar pemandangan indah Teluk Lampung dengan pulau-pulau kecilnya. Bahkan beberapa pulau jaraknya sangat dekat dari pantai dan dapat dijangkau hanya beberapa menit dengan perahu/kano. (johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru