Tuesday, November 19, 2019
Home > Cerita > Wisata: Keindahan Sepasang Kawah di Puncak Gunung Ciremai

Wisata: Keindahan Sepasang Kawah di Puncak Gunung Ciremai

Kawah di puncak Gunung Ciremai, Kuningan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Wisata) – Puncak Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memiliki sepasang kawah yang berpotongan di ketinggian sekitar 2.900 di atas permukaan laut (dpl). Ciremai sendiri ketinggiannya sekitar 3.078 meter dpl, gunung tertinggi di Jawa Batrat.

Gunung Ciremai merupakan gunung soliter yang terpisah dari gunung-gunung lain, dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan luas sekitar 15.000 hektar.

Apabila pelancong melakukan pendakian, akan melewati beberapa zona yang berbeda, mulai dari perkebunan penduduk, hutan pinus, hutan pegunungan bawah dan atas dengan pohon-pohon yang cukup besar, hutan dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar, termasuk bunga edelweis sampai dengan zona tanpa tumbuhan menjelang puncak.

Pendakian ke Gunung Ciremai cukup melelahkan, karena rutenya yang cukup panjang. Tetapi perjalanan yang melelahkan itu akan terbayar dengan keindahan alam yang memikat.

Obyek wisata alam di kawasan TNGC, memiliki pesona keindahan yang luar biasa, salah satunya dan paling utama adalah wisata pendakian Gunung Ciremai, yang tertinggi di Jawa Barat.

Pesona keindahan puncak luar biasa menarik, sehingga banyak pendaki mengagumi dan merasakan keindahannya.

Untuk mencapai puncak Gunung Ciremai bisa melalui tiga pintu masuk, yaitu Jalur Linggarjati, Palutungan di Kabupaten Kuningan, dan Apuy di Kabupaten Majalengka.

Selain jalur pendakian, terdapat 16 lokasi obyek wisata alam lainnya yang memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan puncak Gunung Ciremai.

Di beberapa tempat obyek wisata, pengunjung dapat menyaksikan atraksi satwa kunci yang merupakan kekayaan satwa yang harus dilindungi, yaitu Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan Surili (Presbytis comata).

Pengelolaan wisata di TNGC dikelola oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan taman nasional. Masyarakat telah mengelola 11 dari 19 lokasi obyek wisata (ODTWA) dan selebihnya adalah pemerintah daerah.

Ini adalah salah satu stategi penguatan masyarakat lokal untuk memberikan alternatif pendapatan bagi kehidupan dan mengurangi ketergantungan terhadap kawasan TNGC.

Obyek wisata alam yang bisa dikunjungi pelancong di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini, antara lain Balong Dalem. Lokasinya di Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Balon Dalem ini bisa buat tempat berkemah, jalan-jalan, berenang, pemandian alam, sumber mata air, serta pemandangan alam.

Jarak tempuh hanya 2 km dari Kantor Balai TNGC menggunakan kendaraan sekitar 10 menit.

Begitu juga Cibeureum, lokasi Desa Cibeureum, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tempat berkemah, jalan-jalan, tempat pengamatan flora fauna. (johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru