Tuesday, October 22, 2019
Home > Cerita > Wisata: Gunung Puntang, Jadi Ikon Mahasiswa, Tempat Penggemblengan Mental

Wisata: Gunung Puntang, Jadi Ikon Mahasiswa, Tempat Penggemblengan Mental

Gunung Puntang, tempat mahasiswa berkemah. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.COM (Wisata) – Bandung Selatan memiliki seabrek obyek wisata potensial, di antaranya Gunung Puntang. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang disukai mahasiswa dan dijadikan ikon.

Gunung Puntang sekarang dimanfaatkan kampus-kampus di Bandung dan sekitarnya menjadi base camp atau tempat perkemahan mahasiswa guna menggembleng mental mahasiswa baru.

Bila kampus atau jurusan serta fakultas melakukan kegiatan yang bersifat di alam terbuka, hampir 90 persen memilih Gunung Puntang sebagai tempat kegiatan.

Gunung Puntang yang memiliki luas puluhan hektar ini lebih terkenal dengan kawasan wisata outbound atau kemping. Di pegunungan ini bisa menggelar tenda dan melakukan api unggun ketika melakukan kemping di kaki gunung itu.

Setiap malam minggu atau hari biasa, areal kemping Gunung Puntang tak pernah sepi dari pengunjung. Puluhan tenda, setiap akhir pekan terus bermunculan. Mereka rata-rata datang dari kalangan mahasiswa yang melakukan penggemblengan mental di alam terbuka.

Yudi, seorang petugas mengatakan, untuk meningkatkan kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke kaki gunung ini, pihak kini tengah terus berbenah diri supaya wisata ini semakin melekat di hati pengunjung. Infrastruktur terus dibenahi termasuk keamanan di gunung serta berbagai kebutuhan lainnya.

“Berbagai kebutuhan pengunjung di Gunung Puntang akan terus dipenuhi sesuai dengan perkembangan dan perminataan pasar. Kami akan terus berupaya meningkatkan fasilitas yang diperlukan,” katanya. Yang lebih mendesak, areal parkir segera diperlebar karena menjelang akhir pekan jumlah motor yang masuk ke gunung terus membludak.

Pemandangan dari gunbung ini sangat indah. Pengunjung bisa melihat tebing yang indah berselimut kabut dengan cuaca cukup dingin. Untuk mencapai Gunung Puntang, yang paling populer dari Bandung menuju arah Banjaran. Biasanya jalur ini cukup macet.

Sesampai di Banjaran, sekitar 10 km dari Bandung Kota, perjalan dilanjutkan ke arah Pangalengan sekitar 5 km dari arah Banjaran. Di situ ada plang yang menunjukkan arah kawasan wisata Gunung Puntang.

Pengunjung supaya mengambil arah kiri dari jalan Banjaran-Pangalengan, sekitar 5 km lagi sampai lokasi. Jalannya sudah diaspal halus tapi berkelok-kelok.

Dalam perjalanan ke Gunung Puntang, sesekali bolehlah berhenti untuk menikmati keindahan Kota Bandung. Bila malam sungguh indah temaram dihiasi lampu kota.

Setelah dari pertigaan pengunjung masuk area wisata Gunung Puntang dengan membayar di pos penjagaan sekitar Rp15-20 ribu. Di pintu masuk tertera obyek wisata apa saja yang akan kita nikmati, mulai dari goa belanda, sungai, perkemahan sampai curug ayau air terjun.

Untuk masuk ke bumi perkemahan, kita harus masuk lagi sekitar 1 km melalui jalur menuju perkemahan. Baru setelah masuk bumi perkemahan, kita akan melihat tebing Gunung Puntang yang curam dan aduhai. Kalau lagi beruntung kita dapat view yang sangat bersih tapi kadang sering berselimut kabut.

Menikmati alam Gunung Puntang yang hijau dan dingin, rasanya bisa menghilangkan stres dan kembali bugar. Kalau bawa sepatu, bisa juga jogging track di lokasi yang indah ini sambil sesekali melirik gunung nan indah.

TAMAN BOUGENVILLE
Bila pelancong ingin bersantai atau bermalam di Gunung Puntang, ada Taman Bougenville, sebuah resort yang berhawa sejuk terletak di kaki Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Banjaran-Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Di Taman Bougenville suasana alam dengan hutan pegunungan, sawah dan ladang memberikan nuansa asri serta alami yang menenteramkan hati setiap pelancong.

Taman Bougenville sangat pas untuk acara keluarga, reuni, familly gathering, camping, outbound adventures, dan lain-lain. Fasilitasnya cukup lengkap. Pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp20.000. Di taman ini ada taman alam, kolam renang, air luncur (waterboom), serta arena bermain- anak-anak.

Taman Bougenville juga menyediakan 6 buah vila yang disewakan untuk bermalam, yakni Vila Rasamala, Pinus, Cemara, Puspa, Suren, dan Log Home Campaka.

SITUS BERSEJARAH
Gunung Puntang merupakan salah satu situs bersejarah yang sebagian besarnya tak terawat. Pada zaman penjajahan Belanda, Gunung Puntang menjadi salah satu Basis Komando Tentara Belanda.

Selain adanya markas dan benteng yang sekarang sudah roboh, di Puntang juga terdapat stasiun radio yang sayangnya telah rusak parah dan tak dapat dipergunakan lagi.

Pada masanya, di sekitar radio pemancar itu terdapat kompleks perumahan bagi karyawan radio lengkap dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang dan lapangan tenis.

Selain itu ada juga goa yang digunakan sebagai tempat persembunyian. Goa ini terletak agak jauh di dalam area Puntang. Kisah dan legenda sering diperdengarkan penjaga kawasan Puntang agar pengunjung tetap waspada dan berhati-hati selama di lokasi tersebut.

Untuk mencapai goa itu, disarankan menggunakan jasa pemandu agar pengunjung tidak tersesat.

Kawasan Gunung Puntang memang ideal sebagai area perkemahan. Lapangan terbuka sebagai camping ground tersedia. Sumber air cukup dengan mata air dan sungai yang masih sangat asri, lengkap dengan batu-batu besar dan aliran air yang begitu jernih.

Jika melanjutkan perjalanan menjauhi area perkemahan, terdapat pula lokasi air terjun di Curug Siliwangi. Lokasi sekitar yang masih rimbun dengan pepohonan beserta jalan setapak di sana-sini memungkinkan eksplorasi kawasan tersebut dengan lebih optimal.

KOLAM CINTA
Mendaki bukit dari area parkir kendaraan ke tanah landai di kaki gunung dapat dilakukan dengan berjalan kaki hingga sampai di lokasi kolam cinta yang sudah tak berair lagi.

Kolam ini sudah tak lagi dipergunakan karena sebagian dinding kolam telah tak ada. Mengapa disebut kolam cinta, tentu karena bentuknya yang tak biasa, berupa lambang asmara atau daun keladi.

Kembali turun dan menyusuri jalan setapak, tepian sungai bisa dicapai dengan mudah. Sungai kecil yang berair jernih itu sangat mengundang keinginan untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Dengan air yang dingin membeku di sela batu-batu besar, berkecipak atau berendam. Di area lokasi wisata alam ini, terdapat masjid kecil sebagai tempat peribadatan umat Islam.

Sedangkan lokasi toilet cukup banyak tersebar di beberapa tempat, meski dengan standar kebersihan yang masih ala kadarnya. Penduduk sekitar pun di sana-sini membuka warung makan untuk menyediakan suplai bahan makanan bagi pengunjung.

Mengeksplorasi Gunung Puntang dapat dilakukan dalam sehari saja. Namun berkemah berhari-hari tentu bisa juga. (johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru