Wednesday, July 17, 2019
Home > Cerita > Wisata: Danau Lido, Sukabumi Seperti Mangkok di Kaki Gunung

Wisata: Danau Lido, Sukabumi Seperti Mangkok di Kaki Gunung

Danau Lido, Sukabumi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Wisata) – Danau Lido termasuk obyek wisata yang dekat dari Jakarta dan sekitarnya. Bila mengendarai mobil pribadi, waktu yang ditempuh sekitar satu jam setengah.

Danau Lido merupakan danau alam yang letaknya di lembah Cijeruk dan Cigombong. Jika dilihat dari atas, Danau Lido seperti mangkuk di kaki Gunung Gede-Pangrango.

Di dekat danau ini, juga terdapat air terjun yakni Curug Cikaweni yang mengalirkan air yang sangat dingin.

Danau ini berada di pinggir Jalan Raya Sukabumi. Tempat wisata ini, setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena selain tempatnya menyenangkan, juga banyak hiburan dan rekreasi yang bisa dilakukan di danau buatan tersebut.

Misalnya, naik bebek-bebekan yang bisa dikendarai mengitari danau, atau jika Anda bersama rombongan, bisa menyewa rakit untuk mengelilingi danau sambil melihat-lihat suasana alam yang indah.

Anda juga bisa singgah di pulau kecil yang ada di tengah danau, untuk sekedar beristirahat sambil memesan makanan.

Udara yang sejuk dan segar membuat istirahat menjadi nyaman dan berkesan. Buat yang hobi memancing, di sisi utara danau terdapat tempat pemancingan ikan.

Di wilayah ini terdapat hotel berbintang, restoran, tempat jajanan, dan kolam renang. Lumayan lengkap. Karena itu cocok buat tempat rekreasi keluarga.

Danau Lido yang indah dan luas, telah menjadi tempat wisata menarik bagi masyarakat sekitar maupun dari luar kota Sukabumi. Wisata yang menjadi andalan di sini adalah wisata air.

Di pinggir danau, ada banyak sarana yang dapat digunakan bagi Anda yang ingin menikamati keindahan danau, misalnya sepeda air, speedboat atau yang lebih unik dan tradisional adalah menggunakan rakit yang terbuat dari bambu.

Pengunjung bisa singgah di pulau kecil yang berada di tengah danau untuk bersantai atau memesan makanan. Juga dapat memesan jagung bakar maupun kelapa muda di pulau ini.

Udara pegunungan yang sejuk dan segar yang akan membuat suasana bersantai semakin menyenangkan.

Selain itu, beberapa fasilitas disediakan pengelola Danau Lido seperti sarana untuk outbond dan flying fox yang cukup menantang.

Setelah puas berkeliling, saatnya untuk mengisi perut. Wisatawan bisa memilih untuk makan di restoran terapung. Disebut terapung karena tempat makan ini berada di atas air dan pengunjung akan bersantap di atas rakit yang mengapung.

Menunya sebagian besar merupakan menu khas masakan Sunda.
Sambil memandang danau yang luas, ikan-ikan serta pemandangan alam sekitar, pasti akan membuat nafsu makan bertambah.

Belum lagi hembusan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Setelah menikmati berbagai wisata yang menarik dan menyenangkan di Danau Lido, wisatawan dapat juga membeli berbagai cindera mata menarik yang dijual penduduk sekitar kawasan wisata ini.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas olahraga udara di sini yang dikelola Lido Aero Club. Seperti terjun payung, aeromodeling, paramotor (parasut dengan motor), paralayang, dan swayasa.

Selain itu terdapat landasan pacu sepanjang 850 meter yang cocok untuk pendaratan pesawat kecil dan pesawat latih.

Bila ingin bermalam di sini, tinggal menghubungi Lido Lakes Hotel. Hotel dan resor berbintang yang telah berdiri sejak tahun 1935 ini menyediakan berbagai faslitas untuk memanjakan tamunya, misalnya kolam renang yang disukai anak-anak.

Fasilitas lain adalah sarana outbond yang cukup lengkap serta lapangan golf. Pengunjung juga bisa mengendarai All Terrain Vehicle (ATV) yang menyerupai motor besar untuk berjalan-jalan mengelilingi hutan lindung.

Dengan kamar yang banyak dan nyaman, hotel ini juga seringkali menjadi tempat rapat perusahaan. Bila hanya mempunyai sedikit waktu untuk berlibur, bisa mencoba mengunjungi tempat ini karena ada banyak keindahan yang bisa didapatkan bersama keluarga tercinta. (johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru