Monday, September 16, 2019
Home > Berita > Wamenlu RI dan Menlu Qatar bertemu bicarakan berbagai hal

Wamenlu RI dan Menlu Qatar bertemu bicarakan berbagai hal

Wamenlu RI, Dr. Abdurrahman Mohammad Fachir melakukan kunjungan ke Qatar guna membahas rencana kunjungan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. (bd)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Wamenlu RI, Dr.  Abdurrahman Mohammad Fachir melakukan kunjungan ke Qatar guna membahas rencana kunjungan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani ke Indonesia pada Oktober 2017.

Wamenlu Fachir melakukan pertemuan dengan Menlu Qatar, H.E. Sheikh Mohammed Bin Abdul Rahman Bin Jassim Al Thani yang didampingi oleh Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi; Staff Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi; Ridwan Hasan; Plh. Dir. Timur Tengah, Tri Wahyuni dan Pelaksana Fungsi  Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan pada 23 Mei 2017.

Kunjungan dilakukan di sela sela Rapat Koordinasi Pimpinan Kemlu RI dengan Kepala Perwakilan RI sekawasan GCC yang dilaksanakan di Doha, Qatar.

Pertemuan juga membahas persiapan substansi kunjungan guna memaksimalkan rencana kunjungan Emir ke Indonesia.

Untuk itu, Pemerintah Qatar akan mengirim Tim Pendahulu ke Indonesia pada Agustus 2017 untuk melakukan finalisasi substansi yang akan ditandatangani dalam kunjungan Emir.

A.M Fachir juga menyampaikan upaya Indonesia dalam membantu penyelesaian isu Rakhine State di Myanmar berupa constructive engagement termasuk di antaranya memberikan bantuan kemanusian seperti pembanguan sekolah dan rumah sakit untuk semua kalangan di Myanmar.

Menlu Qatar menyampaikan apresiasi peran aktif Indonesia dalam isu di Myanmar dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama.

Terkait dengan Piala Dunia 2022, Wamenlu A.M Fachir  menyatakan kesediaan Indonesia untuk berpartisipasi guna membantu Qatar dalam mempersiapkan penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola akbar tersebut. Menlu Qatar menyambut baik usulan tersebut untuk dibahas.

Sebelumnya pada pertengahan 2016,  Qatar menjanjikan  tambahan kuota tenaga kerja Indonesia atau TKI sebanyak 24 ribu pekerja dalam rangka persiapan pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Hal itu disampaikan ketika Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri dalam pertemuannya dengan Menteri Pembangunan Adminstrasi, dan Urusan Buruh dan Sosial Qatar, Dr Issa bin Saad al-Jafali al-Nuaimi ketika berkunjung ke Qatar.

Saat ini diperkirakan sekitar  40 ribu TKI bekerja di Qatar.    (bd/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru