Tuesday, November 19, 2019
Home > Berita > Usain Bolt Diberitakan Sumbang 20 Juta Dolar ke Sekolahnya

Usain Bolt Diberitakan Sumbang 20 Juta Dolar ke Sekolahnya

Usain Bolt bersama medalinya. (zagettaworldsport)

MIMBAR-RAKYAT.com (Kingstone, Jamaika) – Laman TheGuard1an.com mempublikasikan melalui artikelnya bahwa sprinter Jamaika Usain Bolt, peraih sembilan medali emas Olimpiade, menyumbangkan semua uang sebesar “20 juta dolar hasil kemenangan di Olimpiade” kepada pihak sekolahnya di Jamaika.

Usain Bolt kembali ke Jamaica setelah meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro, dan menyumbangkan semua hadiah sebesar 20 juta dolar ke perguruan menengah atas William Knibb Memorial di Falmouth, Jamaika, demikian berita situs itu yang dikutip snopes.com, Sabtu.

Sumbangan itu akan digunakan untuk membiaya semua program atletik di sekolah itu, demikian dilaporkan media Jamaika. Tapi sumbangan ini berbahaya dikaitkan dengan masalah pemotongan uang, atau pajak, di negara itu.

Berita ini pun disebut-sebut sebagai pekerjaan fiksi. Laman Guard1an merupakan situs palsu yang menggunakan URL yang sama dengan Koran terkenal di Inggris, The Guardian. Tapi kedua media ini tidak ada kaitannya sama sekali.

Guard1an merupakan blog satiris yang berisi berbagai info, termasuk politik global, bisnis, teknologi, ilmu pengetahuan, hiburan, kesehatan dan media. Situs ini bisa dilihat di berbagai negara – termasuk di Sudan selatan.  Tapi hati-hati, ini tidak ada hubungannya dengan “The Guardian.”

Guard1an bukan satu-satunya laman yang mempublikasikan berbagai cerita tentang Usain Bolt setelah atlet itu kembali dari Olimpiade Rio 2016. Laman Onet-hatiaent.com menyiarkan berita yang sama, menyebutkan Bolt menyumbangkan semua hadiahnya untuk membangun stadion baru di Jamaika.

Tapi Usain Bolt memang sudah menyumbangan uangnya untuk berbagai hal positif, di luar berita-berita dari laman yang dianggap tidak dapat dipercaya itu.

Pada 2015, Bolt menyumbang sebesar 1,3 juta dolar untuk mengembangkan olahraga sepak bola dan kriket di sekolah SMAnya. Ia juga melengkapi sekolah itu dengan berbagai peralatan atletik sejak ia dikontrak Puma pada 2012.

Bolt membantu membangun lapangan olahraga di Jamaika, mencaridana untuk pengoperasian para pendetika berbagai penyakit termasuk penderita jantung dan bekerja sama dengan Samsung untuk memberi pembelajaran foto di sekolah-sekolah.

Baca juga:

  Usain Bolt Pesta Pora Hamburkan Uang di London

Ia juga menyumbangkan uang sejumlah empat juta dolar untuk merenovasi pusat kesehatan,melalui malam dana ketika ia meraih kemenangan rekor dunia pada nomor 100 meter.

Ketika Bolt pulang dari Olimpiade Rio minggu lalu dan mampir di London, ia menjadi bahan pemberitaan hangat setelah berpesta pora menghambur-hamburkan uang bersama beberapa wanita malam.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru