Wednesday, December 11, 2019
Home > Berita > Unggul Duel Dramatis, Panzer Jeman Buka Peluang, Korea Selatan Pulang Kampung dan Belgia Lolos

Unggul Duel Dramatis, Panzer Jeman Buka Peluang, Korea Selatan Pulang Kampung dan Belgia Lolos

Gol Toni Kroos selamatkan muka Jerman, kalakan Swedia 2-1 (reuters)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Unggul duel dramatis lawan Swedia 2-1, Tim Panzer Jerman buka peluang lolos ke babak 16 Piala Dunia di Rusia. Pada laga babak penyisihan Grup F di Olimpiyskiy Stadium Fisht, Rusia, Minggu (24/6) dinihari, Toni Kross menjadi penentu kemenangan.

Dengan hasil ini, Jerman dari dua kali laga memiliki tiga poin. Untuk sementara berhak di posisi kedua Grup F meski nilainya sama dengan Swedia.

Sedangkan di peringkat atas adalah Meksiko yang mengemas enam poin dari dua kali menang termasuk saat melawan Jerman. Sedangkan juru kunci Korea Selatan yang belum memiliki poin dan dipastikan pulang kampung karena dikalahkan Meksiko 1-2.

Jerman akan lolos jika mampu menang besar melawan Korea Selatan di laga terakhir Grup F nanti. Swedia juga demikian jika ingin lolos harus menang besar di laga terakhir melawan Meksiko yang digelar bersamaan dengan laga Jerman versus Korea.

Tentu dari hitung-hitungan di atas keras Jerman jauh diunggulkan bisa mengatasi Korea Selatan.

Bila Jerman menang atas Korsel, Swedia menang atas Meksiko, ini akan menarik karena ada tiga tim memiliki enam poin. Siapa yang lolos akan ditentukan dengan selisih gol dan hasil head to head.

Yang paling banyak peluang lolos adalah Meksiko. Tinggal bermain seri melawan Swedia sudah pasti tidak tersusul tiga tim lain. Bahkan langsung juara grup.

Kembali ke laga Jerman melawan Swedia. Bagi Jerman, ini adalah laga hidup dan mati. Jika kalah atau seri dipastikan tersikngkir. Oleh karena itu mereka wajib menang.

Namun nyatanya mereka tidak mudah melawan Swedia. Sebagai juara bertahan justru Jerman sempat tertinggal di babak pertama dengan gol Toivonen pada menit ke-32.

Jerman yang terus menekan lawan tanpa disangka justru Swedia yang berhasil membuka keunggulan saat umpan Claesson mampu dikuasai Toivonen yang kemudian menaklukkan Neuer.
Babak pertama berakhir 1-0.

Memasuki babak kedua, Jerman bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-48. Menerima umpan silang dari Gomez dari sisi kiri dengan jitu dituntaskan oleh Reus di depan gawang.

Gol itu membuat Jerman semakin bergariah mencetak gol kemenangan. Namun petaka datang pada menit 83 , karena bek Jerman, Boateng harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua stelah menjegal Berg.

Unggul jumlah pemain sempat dimanfaatkan Swedia melepaskan diri dari tekanan Jerman. Harusnya Swedia unggul ketika Guidetti melepaskan tembakan keras, namun bola ditinju Neuer.

Akhirnya Jerman harus berterima kasih kepada Toni Kross. Pada masa injury time babak kedua tepatnya menit ke (90+5) berhasil menjebol gawang Swedia.

Lewat tendangan bebas gelandang Real Madrid tersebut berhasil menjebol gawang dari sudut yang cukup sempit untuk memastikan tiga poin krusial bagi sang juara bertahan.

MEKSIKO TEKUK KORSEL 2-1

Meksiko memiliki peluang lebih besar lolos babak 16 Piala Dunia Rusia setelah mampu mengalahkan Korea Selatan 2-1 pada laga penyisihan Grup F di Rostoc Arena, Sabtu (23/6) malam WIB.

Dengan kemenangan ini Meksiko memiliki enam poin dari dua kali laga dan berhasil berada di puncak klasemen sementara Grup F. Inggris ada di peringkat kedua dengan nilai tiga.
Jerman dan Korea Selatan belum memiliki poin berada di peringkat tiga dan empat,.

Jerman akan menghadapi Swedia sebentar lagi. Pada laga ini Jerman yang kalah di laga perdana dari Mesiko ada dalam tekanan.

Pasalnya jika Swedia menang makan dipastikan yang lolos adalah Swedia dan Meksiko. Tetapi kalau Jerman menang, siapa yang lolos ke babak 16 masih ditentukan pada laga terakhir Grup P.

Hanya saja peluang Meksiko lebih baik karena hanya bermain seri melawan Swedia di laga terakhir, mereka akan lolos. Namun kalau kalah, maka selisih gol akan jadi penentu. Ini tentu dengan catatan jika Jerman juga berhasil menang atas Korea Selatan di laga terakhir. Sebab jika ini terjadi maka tiga tim akan memilik masing-masing enam poin.

Yang pasti dari Grup F, Korea Selatan sudah tersingkir sebab apapun hasilnya melawan Jerman sudah tidak berguna.

Pada laga melawan Meksiko, janji Korea Selatan bakal merampok tiga poin tidak terwujud. Mereka justru kebobolan pada menit ke-26 lewat tendangan penalti Carlos Vela.

Hadiah penalti diberikan wasit karena Hyun Soo mengangkat tangan saat mencoba menutup umpan silang Gallardo dari sisi kiri dan handsball pun terjadi. Vela yang jadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun hanya itu gol yang tercipta pada babak pertama. Pasalnya kedua tim yang sebetulnya memiliki peluang tidak mampu mewujudkannya menjadi gol.

Memasuki babak kedua, Korea Selatan berusaha mencari gol penyeimbang. Seperti pada menit ke-53 ketika Moon melepaskan tembakan dari dalam kotak dan mengenai badan dari Salcedoa dan ia meminta penalti. Namun dari tayangan ulang, tangan Salcedo dalam keadaan pasif menempel di badan sehingga wasit tidak menganggapnya pelanggaran.

Justru Meksiko mampu menambah keunggulan pada menit ke- 66 lewat sepakan keras Javier Hernández .

Berawal dari serangan balik yang dibangun pemain Meksiko yang mampu merebut bola dari kaki pemain Korsel. Oleh Lozano, bola dibawa hampir setengah lapangan lalu melepaskan umpan terobosan kepada Hernandez. Dengan cerdik Hernandez mampu menjebol gawang Korea Selatan setelah terlebih dahulu mengecoh bek Korsel.

Unggul 2-0 sepertinya bakal milik Meksiko. Namun pada masa injury time babak kedua, Korea Selatan mampu memperkecil kekalahan lewat gol cantik Son Heung-Min tepatnya pada menit ke- (90+3).

Berawal dari umpan yang diberika oleh Jae-Sung Lee dari sisi kiri pertahanan Meksiko. Dari luar kotak penalti Son Heung-Min melepaskan sepakan keras dengan kaki kiri bola meluncur deras ke arah gawang dan tak bisa dihentikan sedikit pun oleh Ochoa.

Sisa waktu tiga menit lagi tidak bisa dimanfaatkan oleh Korea Selatan untuk menyamakan kedudukan. Mereka pun harus puas kalah 1-2 dan sepertinya akan tersingkir dari laga Piala Dunia di Rusia. Ini adalah kelahan kedua Korea Selatan setelah sebelumnya ditekuk Swedia di laga perdana.

BELGIA LOLOS, TUNISIA TERSINGKIR

Eden Hazard dan Romelu Lukaku berjaya saat Belgia membantai Tunisia 5-2 pada babak penyisihan Grup G Piala Duni 2018 di Otkrytiye Arena, Sabtu (23/6) malam WIB.

Eden Hazard mencetak dua gol masing-masing menit keenam lewat tendangan penalti, dan menit ke-51 sedangkan Romelu Lukaku juga dua gol yang diciptakan menit ke-16 dan pada masa injury time babak pertama dan satu lagi lewat sepakan Michy Batshuayi pada masa injury time babak kedua.

Sedangkan gol balasan Tunisia dicetak oleh Bronn menit ke-18 dan gol Khazri pada masa injury time babak kedua.

Dengan dua gol Lukaku, kini dia bersama Cristiano Ronaldo menjadi top skor sementara dengan mengemas masing-masing empat gol pada Piala Dunia Rusia kali ini.

Kemenangan telak ini juga memastikan Belgia lolos ke babak 16 karena sudah mengemas enam poin dari dua kali laga dan untuk sementara berada di puncak klasemen Grup G.

Inggris ada di tempat kedua dengan nilai tiga. Inggris baru bermain melawan Panama besok Minggu malam.

Tunisia juga dipastikan tersingkir dari piala terakbar di ajang sepak bola dunia ini. Sementara Panama yang akan menghadapi Inggris masih bisa berharap lolos jika menang melawan Harry Kane cs.

Laga Belgia melawan Tunisia, berjalan menarik karena kedua tim mempertontonkan permainan terbuka dan terjadi jual beli serangan.

Tunisia harus diapreasiasi meski kalah karena tidak bermain bertahan padahal menghadapi salah satu favorit juara Piala Dunia kali ini.

Gol cepat tercipta untuk Belgia ketika Eden Hazard dilanggar di kota penalti oleh pemain belakang Tunisia. Ketika wasit menunjuk titik putih, pemain-pemain Tunisia memprotes namun tetap pada putusannya. Hazard dengan mudah mampu menjebol gawang yang dikawal Mustapha.

Menit ke-16 Belgia kembali mencetak gol kali ini lewat bomber mereka Lukaku. Berawal ketika dengan cerdik, Mertens memberikan umpan terobosan kepada Lukaku tanpa ampun pemain Manchester United ini menghujamkan bola dengan tembakan keras kaki kiri.

Namun hanya dua menit, Tunusia mampu memperkecil kedudukan melalui Dylan Bronn usai memanfaatkan umpan Wahbi Kazri.

Belgia menutup babak pertama dengan kemenangan 3-1 setelag Lukaku kembali mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time babak pertama tepatnya menit ke-45 + 3.

Berawal dari umpan Thomas Muenier, Lukaku lalu melempaskan tembak chipnya setelah dia lolos dari jebakan off side yang dibikin oleh pemain belakang Tunusia.

Memasuki babak kedua, Belgia terus menekan pertahanan Tunisia. Dan pada menit ke-51 kembali unggul lewat gol Hazard. Gol itu bermula ketika Toby mengirimkan umpan panjang dan kotak penaltisudah menunggu Hazard yang kemudian mengontrol bola dengan ciamik sebelum menjebol gawang Mustapha.

Pada menit ke-58 kedua tim melakukan pergantian pemain.Di Belgia, Fellaini dimasukkan Martinez untuk menggantikan Romelu Lukaku, sementara dari Tunisa Sassi ditarik keluar dan memasukkan Suti.

Keluarnya Lukaku membuat permainan Belgia menurun. Oleh karena itu Martinez memasukkan Batshuayi untuk menggantikan Hazard. Ban kapten pun diserahkan kepada Vertoghen.

Meski dua pemain penting Belgia itu sudah ditarik keluar, namun serangan Belgia tetap berbahaya. Beberapa kali Belgia membuat kiper Tunisia jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Akhirnya pada menit 90 Batshuay mencetak gol ke gawang Tunisia sehinga kedudukan 5-1. namun hanya selang tiga menit Tunisia yang tidak kenal lelah memperkecil kedudukan lewat Khazri mampu usai memanfaatkan umpan silang Nagguez.

Tak lama kemudian wasit meniup pluit dan kemenangan telak jadi milik Belgia. Ini tentu sinyal bagi tim lagi betapa hebatnya pemain-pemain Belgia hingga kini. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru