Sunday, December 08, 2019
Home > Berita > Ujicoba MRT: Dari Lebak Bulus ke Bunderan HI Cuma 30 Menit

Ujicoba MRT: Dari Lebak Bulus ke Bunderan HI Cuma 30 Menit

Ujicoba MRT melewati kawasan Blok M. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Kereta bawah tanah atau MRT dari Lebak Bulus ke Bunderan Hotel Indonesia (HI) akan beroperasi Maret 2019.

Ternyata, pada saat ujicobo, waktu tempuhnya sekitar 30 menit, dengan waktu tunggu ditarget 5 menit sekali, sehingga desak-desakan antarpenumpang dapat dihindari.

“Jarak antar kereta bisa diatur, yaitu 5 menit sekali MRT itu datang. Jadi tidak usah khawatir sempit-sempitan di dalam kereta,” ujar Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah, Sabtu (17/11).

Hikmatullah mengatakan, MRT dapat menampung 300 penumpang dalam satu gerbong kereta. Memiliki 16 set kereta, yang terdiri dari 14 set kereta operasi dan 2 kereta cadangan.

Sementara, satu rangkaian kereta MRT terdiri dari enam gerbong dan bisa menampung 1.900 orang.

“Dengan pengaturan waktu tunggu demikian, diharapkan pelayanan angkutan di Jakarta semakin lebih baik. Apalagi nanti akan terkoneksi dengan berbagai moda angkutan lainnya,” katanya.

Disebutkan, MRT menggunakan sistem persinyalan sangat canggih. Di mana dilengkapi sistem persinyalan teknologi Communicated Based Train Control (CBTC). Merupakan teknologi persinyalan kereta generasi terbaru yang dirancang untuk kereta bawah tanah.

”Dengan basis sistem nirkabel, CBTC dapat mengumpulkan informasi tentang kereta secara realtime, seperti informasi posisi kepada pusat kendali lewat send back control sinyal,” jelas Hikmatullah.

Hikmat mengatakan, CBTC akan dikendalikan tim pusat kendali kereta atau operation control center (OCC). Menjelang pengoperasian secara komersial,pihak MRT terus melakukan ujicoba persinyalan.

Sejauh ini, sistem persinyalan tidak ada kendala dan berfungsi dengan baik.
Dari ujicoba selama ini, waktu tempuh Lebakbulus-HI ditempuh 30 menit. Sedangkan pada ujicoba di awal, waktu tempuh 45 menit. (p/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru