Saturday, February 29, 2020
Home > Berita > Ujian Berat Bagi Sean dan Philo

Ujian Berat Bagi Sean dan Philo

Sean Gelael dan Mitch Evans. (seangp)

MIMBAR-RAKYAT.com (Barcelona) – Dua pebalap Indonesia, Muhammad Sean Gelael dan Philo Paz Armand, akan mendapatkan ujian berat pada balapan perdana GP2 di sirkuit Catalunya, Barcelona, Sabtu (14/5), karena keduanya harus memulai balapan dari belakang berdasarkan catatan waktu pada sesi kualifikasi yang berlangsung Jumat.

Sean yang membalap untuk tim Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia akan memulai balapan dari posisi 21.

Sementara Philo yang membawa bendera tim Trident Racing akan menjalani balapan tepat di belakang Sean. Pada babak kualifikasi, Sean membuat catatan waktu tercepatnya satu menit 30,304 detik, sedangkan torehan waktu Philo, satu menit 30,609 detik.

Adapun rekan setim Sean, Mitc Evans akan memulai balapan dari posisi ke-18. Pebalap asal Selandia Baru ini pada babak kualifikasi mencatatkan waktu tercepat satu menit 29,478 detik. Satu pebalap lain yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Antonio Giovinazzi akan start dari posisi ke-11. Pebalap asal Italia yang membawa bendera tim Prema Racing ini menorehkan catatan waktu tercepat satu menit 29,163 detik.

Balapan GP2 ini akhirnya hanya diikuti 22 pebalap dari 11 tim. Satu tim, yakni Tim Status Grand Prix sampai batas terakhir kepastian balapan tidak mengumumkan nama-nama pebalapnya. Sementara di website resmi GP2 nama tim Status masih terpampang. Posisi Start terdepan menjadi milik pebalap Prema Racing Pierre Gasly yang membuat catatan waktu tercepat satu menit 27,807 detik.

Pada babak kualifikasi pebalap juga menghadapi tantangan basahnya sebagain lintasan sirkuit karena hujan. Sebelumnya pada sesi latihan, Sean belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena banyak kehilangan waktu di paddock akibat perbaikan masalah oversteer mobilnya.

Dampaknya Sean hanya bisa menjalani lintasan sebanyak 15 putaran dengan catatan waktu tercepatnya satu menit 31,304 detik. Namun, catatan waktu yang diraih Sean masih lebih bagus dari torehan waktu Philo, yakni satu menit 32,803 detik.

Antonio Giovinazzi membuat catatan yang lebih bagus, yakni satu menit 30,057 detik yang membuatnya berada di posisi ketujuh tercepat. Sementara Mitch Evans hanya bisa membuat catatan waktu tercepat satu menit 30,720 detik. Raihan ini menempatkan Evans di peringkat 15 pebalap tercepat.

Catatan waktu tercepat sesi latihan bebas ini juga menjadi milik Gasly, yakni satu menit 29,519 detik. Sementara pebalap dari tim Dams, Alex Lynn menempel di posisi kedua dengan catatan waktu yang lebih lambat 0,104 detik saja.

Sama halnya dengan sesi kualifikasi, pada sesi latihan manajemen ban juga menjadi salah satu kunci. Sirkuit Catalunya berkarakter cepat dengan tingkat kesulitan 13 tikungan dan terdapat beberapa trek lurus yang panjang. Lintasan seperti ini cukup abrasif sehingga pebalap harus fokus dalam mengelola degradasi ban.

Dalam balapan, setiap pebalap akan mendapatkan lima set ban kering dan tiga set ban basah. Lima set ban kering terdiri dari tiga set ban keras dan dua set ban lunak. Pebalap bebas memilih ban yang akan dipakainya.

Namun, mereka setidaknya mereka harus memakai satu set setiap jenis ban untuk balapan pertama (feature race). Kecuali jika sirkuit dalam kondisi basah karena hujan, maka ketentuan ini tak berlaku lagi. Setiap ban keras juga harus dipakai lagi setelah sesi latihan bebas.  (SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru