Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Trump Terus Kritik China Terkait Penanganan Virus Corona, Kematian di Indonesia Capai 2.200 Orang

Trump Terus Kritik China Terkait Penanganan Virus Corona, Kematian di Indonesia Capai 2.200 Orang

Seorang pasien yang diintubasi berusaha memberi isyarat pada seorang pekerja medis yang memegang tangannya di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit Sotiria di Athena, Yunani.(Foto: Reuters/Al Jazeera)

Seorang pasien yang diintubasi berusaha memberi isyarat pada seorang pekerja medis yang memegang tangannya di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit Sotiria di Athena, Yunani.(Foto: Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – Di seluruh dunia, jumlah orang yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona  meningkat menjadi lebih dari tiga juta, dan setidaknya 211.000 orang telah meninggal. Itu menurut data yang dikumpulkan Universitas Johns Hopkins. Dikkabarkan sekitar 894.000 orang telah pulih.

Presiden AS Donald Trump kembali ke konferensi pers hariannya setelah beberapa hari absen menuding China atas penanganan virus corona, mengatakan pemerintahnya sedang melakukan “penyelidikan serius” atas apa yang terjadi. Demikian laporan  Kate Mayberry dari Kuala Lumpur untuk Al Jazeera yang dikutip mimbar-rakyat.com.

Di Indonesia dilaporkan lebih dari 2.200 orang telah meninggal dengan gejala akut COVID-19, tetapi belum tercatat sebagai korban penyakit ini. Korban tewas resmi nasional Indonesia adalah 765, termasuk dari 16 provinsi mencakup 693 di antaranya

Berikut ini adalah perkembangan terbaru, Selasa, 28 April:
04:55 GMT – Pakistan mencatat kenaikan satu hari terbesar dalam jumlah kematian.
Pakistan mencatat 20 kematian akibat virus corona pada hari Senin, tertinggi sejak wabah dimulai dan menjadikan jumlah total kematian menjadi 301. Jumlah kasus naik 751 menjadi 14.079.

Asad Hashim dari Al Jazeera melaporkan jumlah kematian meningkat dua kali lipat setiap delapan hari, sementara jumlah kasusnya berlipat dua dalam 11 hari. Perdana Menteri Imran Khan mendesak masyarakat untuk serius menjaga jarak sosial.

04:25 GMT – China, Korea Selatan, Jerman memperbarui kasus coronavirus terbaru.
Ringkasan singkat dari beberapa pembaruan nasional pada kasus coronavirus yang dirilis pagi ini.

China Daratan melaporkan enam kasus virus corona baru untuk Apriil 27, tiga di antaranya melibatkan pelancong dari luar negeri. Komisi Kesehatan Nasional mengatakan total kasus di Tiongkok sekarang mencapai 82.836. Negara itu melaporkan tidak ada kematian baru.

Korea Selatan melaporkan 14 kasus baru sehingga totalnya menjadi 10.752. Ini adalah hari kesepuluh berturut-turut negara ini melaporkan kurang dari 15 kasus harian, tetapi otoritas kesehatan mencatat bahwa wabah ini “bertahan” di tengah peningkatan kasus impor dan kekhawatiran tentang kelompok infeksi.

Di Jerman, Institut Robert Koch untuk penyakit menular mengkonfirmasi 1.144 kasus baru dengan 163 kematian. Itu membuat total kasus Jerman menjadi 156.337 dengan 5.913 kematian.

Orang-orang kembali berselancar ketika Pantai Bondi dibuka kembali setelah ditutup untuk mengekang penyebaran coronavirus.(Foto: Reuters/Al Jazeera)
Orang-orang kembali berselancar ketika Pantai Bondi dibuka kembali setelah ditutup untuk mengekang penyebaran coronavirus.(Foto: Reuters/Al Jazeera)

04:15 GMT – Lebih dari 2.200 orang Indonesia  meninggal dengan gejala coronavirus.
Lebih dari 2.200 orang Indonesia telah meninggal dengan gejala akut COVID-19 tetapi belum tercatat sebagai korban penyakit ini. Demikian Reuters melaporkan pada Selasa mengutip ulasan data dari 16 diantara 34 provinsi negara Asia Tenggara itu. Korban tewas resmi nasional Indonesia adalah 765, termasuk asal 16 provinsi yang mencakup 693 di antaranya.

03:50 GMT – Malaysia harus berhenti memenjarakan orang yang melanggar kuncian.
Human Rights Watch menyerukan Malaysia untuk menghentikan pemenjaraan orang-orang yang mencemooh Ordo Kontrol Gerakan yang diberlakukan pada 18 Maret, dengan lebih dari 15.000 orang ditangkap karena melanggar aturan.

Di antara mereka yang dipenjara adalah seorang mahasiswa yang meninggalkan rumahnya untuk memberikan kue ulang tahun kepada pacarnya. Dia dijatuhi hukuman tujuh hari di balik jeruji besi dan didenda 1.000 ringgit Malaysia ($ 229). Dia mengambil risiko dua bulan ekstra di balik jeruji jika dia tidak bisa membayar denda.

“Pihak berwenang Malaysia harus memahami bahwa melindungi seluruh populasi negara itu dari COVID-19 berarti mengurangi populasi penjara yang padat, tidak menempatkan lebih banyak orang di balik jeruji besi,” kata direktur HRW Asia Phil Robert

03:10 GMT – Pasar Ramadhan Asia Tenggara menjadi digital.
Bazar Ramadhan tradisional di negara-negara seperti Malaysia dan Singapura telah berubah menjadi penjualan online saat para pedagang menjajakannya lewat WhatsApp dan Facebook. Demikian lapor kantor berita Reuters.

Bisnis keluarga Siti Zabedah Abdul Wahab yang menjual martabak – roti datar yang diisi dengan daging dan goreng – mulai menerima pesanan online beberapa minggu sebelum dimulainya Ramadhan, ketika umat Islam menjalani ibadah berpuasa.

“Ini adalah pertama kalinya kami menjual via online, jadi kami ingin memulai lebih awal untuk memastikan pelanggan kami dapat menemukan kami,” kata Siti Zabedah.

02:30 GMT – Lagu ‘persatuan’ Tiongkok memicu kemarahan di Filipina.
Lagu ‘persatuan’ yang ditulis oleh duta besar China untuk Filipina sebagai penghormatan atas upaya untuk mengatasi virus corona, dan dibagikan di YouTube telah memicu kemarahan di negara Asia Tenggara itu.

Kritikus mengatakan kepada Al Jazeera, bahwa lagu itu tidak lebih dari propaganda, menunjukkan bahwa video itu dibagikan ketika China meningkatkan klaim kontroversialnya ke seluruh Laut Cina Selatan. Sebagian perairan juga diklaim oleh Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei. Lagu persatuan Tiongkok menjadi bumerang sebagai propaganda di Laut China Selatan

02.20 GMT – pegawai negeri Hong Kong kembali bekerja mulai 4 Mei.
Kepala eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan para pegawai negeri akan mulai kembali bekerja mulai 4 Mei, tetapi pemerintah masih harus memutuskan apakah akan meringankan langkah-langkah perjalanan dan jarak sosial yang akan berakhir minggu depan.

Wilayah itu melaporkan tidak ada kasus baru coronavirus pada hari Senin, dan hanya memiliki 16 kasus selama sembilan hari terakhir. Ada total 1.038 kasus di Hong Kong sejak wabah dimulai pada Januari, dengan empat kematian.

01:45 GMT – Sulit untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo pada tahun 2021 tanpa vaksin COVID-19.
Ketua Asosiasi Medis Jepang mengatakan akan sulit untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo tahun depan tanpa vaksin yang efektif melawan virus corona.

“Saya tidak mengatakan bahwa Jepang seharusnya atau tidak seharusnya menjadi tuan rumah Olimpiade, tetapi itu akan sulit untuk dilakukan,” kata Presiden JMA Yoshitake Yokokura pada konferensi pers.

Jepang telah menghabiskan $ 13 miliar untuk mempersiapkan Olimpiade sebelum mengumumkan penundaan satu tahun bulan lalu.

01:30 GMT – Taiwan mendorong peran WHO dalam panggilan menteri yang jarang dilakukan dengan AS.
Para menteri kesehatan Taiwan dan AS mengadakan seruan yang jarang terjadi Senin malam dengan Taiwan berterima kasih kepada AS atas dukungannya dalam mendorong partisipasi Taiwan dalam Organisasi Kesehatan Dunia meskipun ada keberatan dari China.

Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung berterima kasih kepada Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar “atas dukungan kuat yang diberikan oleh Amerika Serikat untuk partisipasi Taiwan dalam WHO,” kata Menteri Kesehatan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

“Menteri Chen mengatakan kepada Sekretaris Azar bahwa dia berharap AS akan terus mendukung partisipasi penuh Taiwan dalam Majelis Kesehatan Dunia sebagai pengamat, dan pertemuan WHO, mekanisme dan kegiatan,” tambahnya. Majelis Kesehatan Dunia adalah badan pembuat keputusan WHO.

00:15 GMT – Tiga aktivis China hilang setelah mengarsipkan berita berita virus yang disensor.
Tiga aktivis Internet yang berbasis di Beijing hilang setelah mengarsipkan berita online yang disensor tentang virus corona, kata seorang kerabat kepada kantor berita AFP.

Chen Mei, Cai Wei dan pacarnya dengan nama keluarga Tang, menghilang pada 19 April, menurut saudara lelaki Chen Chen Kung. Mereka telah bekerja untuk mengumpulkan artikel dan konten tentang virus untuk proyek bersumber dari orang banyak di GitHub.

00:00 GMT – Pantai Bondi Australia dibuka kembali saat kuncian dikendurkan.
Pantai Bondi Sydney dan dua pantai tetangga telah dibuka kembali ketika pemerintah New South Wales, negara bagian dengan populasi terpadat di Australia, mulai melonggarkan pembatasan aatau kuncian coronavirus.

Negara bagian itu mengatakan akan mengizinkan hingga dua orang dewasa untuk mengunjungi rumah orang lain mulai Jumat. Mereka juga akan diizinkan mengambil anak-anak mereka. Sekitar setengah dari 6.723 kasus coronavirus Australia ada di New South Wales.

23:30 GMT (Senin) – Trump melanjutkan briefing, mengkiritik China.
Presiden AS Donald Trump kembali ke briefing hariannya untuk mengkritik China atas penanganan virus corona.

Trump mengatakan China bisa menghentikan virus sebelum menyebar ke seluruh dunia dan pemerintahannya sedang menyelidiki apa yang terjadi.

“Kami sedang melakukan penyelidikan yang sangat serius … ,” kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih.

“Ada banyak cara Anda dapat meminta pertanggungjawaban mereka. Kami percaya itu bisa dihentikan pada sumbernya. Itu bisa dihentikan dengan cepat dan tidak akan menyebar ke seluruh dunia.”***sumber Al Jazeera dan kantor-kantor berita, Google.(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru