Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Trump Dukung Penangkapan Koruptor oleh Arab Saudi

Trump Dukung Penangkapan Koruptor oleh Arab Saudi

Donald Trump. (Foto: AP/Arab News)

Donald Trump. (Foto: AP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Presiden AS Donald Trump mengungkapkan “kepercayaan besar” terhadap para pemimpin Saudi, di tengah dorongan anti-korupsi yang sedang berlangsung di Saudi.

Trump menulis dalam sebuah tweet, seperti dilaporkan Arab News, Rabu (8/11) menyatakan;  “Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan.” Dan dalam pesan Twitter dua bagian yang dikirim dari Tokyo itu, Trump mengatakan bahwa dia sangat percaya pada Raja Salman dan putra mahkota.

Ditambahkan; “Beberapa orang yang ditangkap “telah ‘memeraih susu’ (melakukan korupsi) negara mereka selama bertahun-tahun.” Trump, disebutkan mendukung tindakan Kerajaan Saudi menangkap para terduga korupsi (koruptor) di negeri itu.

Pada berita yang mengutip AP, Reuters, dan AFP itu Arab News menyebutkan,  Trump mendukung penangkapan para bangsawan dan pemimpin bisnis terkemuka Saudi yang diperintahkan oleh sebuah komite yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
Pemerintah Saudi, dinilai,  telah melakukan tindakan dalam upaya memberantas korupsi. Ini merupakan gebrakan, mengingat Kerajaan Saudi belum pernah melakukan hal serupa sebelumnya.

AS dan Arab Saudi secara historis memiliki hubungan dekat, yang ditegaskan Trump pada bulan Mei saat dia mengunjungi negara itu dalam lawatan pertamanya sejak berkuasa.
Washington dan Riyadh telah mengumumkan kontrak senilai lebih dari $ 380 miliar, termasuk kesepakatan senjata senilai $ 110 miliar yang ditujukan untuk melawan ancaman yang dirasakan dari Iran dan militan.
Trump berbicara dengan Raja Salman melalui telepon pada hari Sabtu, dan dia memuji raja tersebut. Dia juga bicara mengenai kebutuhan untuk membangun sebuah wilayah yang moderat, damai, dan toleran, dan mendesak Kerajaan Saudi untuk memilih Wall Street sebagai ajang IPO raksasa minyak Aramco.***(janet)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru