Monday, August 03, 2020
Home > Berita > Trump: China Sebarkan Virus Corona Karena “Kesalahan”, Kematian di Dunia Capai 232.000

Trump: China Sebarkan Virus Corona Karena “Kesalahan”, Kematian di Dunia Capai 232.000

Turki bersiap untuk mengirimkan peralatan medis ke Palestina.(Foto: Anadolu/Al Jazeera)

Turki bersiap untuk mengirimkan peralatan medis ke Palestina.(Foto: Anadolu/Al Jazeera)

Pejabat negara bagian New York telah memperingatkan bahwa rumah duka dapat menghadapi denda dan penangguhan lisensi, setelah polisi menemukan bahwa satu fasilitas seperti itu di Brooklyn telah menggunakan untuk menyimpan puluhan mayat di atas es di truk sewaan.

mimbar-rakyat.com – Presiden AS Donald Trump mengatakan China menyebaran virus corona di dunia karena semacam “kesalahan” yang mengerikan. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan “sangat prihatin” tentang penyebaran komunitas di sejumlah negara di Afrika Barat.

Sebuah pengawas AS memperingatkan Afghanistan, kemungkinan menghadapi “bencana kesehatan” dari pandemi. Demikian laporan Al Jazeera yang diisampaikan  oleh Ted Regencia dan Saba Aziz seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Ekonomi zona euro menyusut 3,8 persen pada kuartal pertama, pukulan terbesar sejak pencatatan dimulai pada 1995.

Di seluruh dunia, jumlah infeksi yang dikonfirmasi mencapai lebih dari 3,25 juta, dengan sekitar 232.000 kematian dan lebih dari satu juta pemulihan.

  Pekerja memindahkan mayat ke truk berpendingin dari rumah duka yang ada di New York City. Hal itu mendapat kecaman dari pemerintah yang melarang penyimpanan mayat di truk pendingin. (Foto: AP/Al Jazeera)

Pekerja memindahkan mayat ke truk berpendingin dari rumah duka yang ada di New York City. Hal itu mendapat kecaman dari pemerintah yang melarang penyimpanan mayat di truk pendingin. (Foto: AP/Al Jazeera)

 

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Jumat, 1 Mei:
06:50 GMT – Maskapai penerbangan Irlandia Ryanair merencanakan 3.000 PHK.
Angkutan murah Irlandia, Ryanair, mengatakan pihaknya berencana untuk mengurangi hingga 3.000 pekerjaan pilot dan awak kabin, dengan transportasi udara lumpuh oleh pandemi coronavirus.

Ryanair yang berbasis di Dublin menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa sebagian besar penerbangannya akan tetap di darat sampai setidaknya Juli dan diperkirakan akan memakan waktu hingga musim panas 2022 sebelum permintaan penumpang pulih.

06:40 GMT – Turki mengevakuasi lebih dari 300 warga negara dari Irak.
Lebih dari 300 warga negara Turki dievakuasi ke Turki dari ibukota Irak, Baghdad, dan beberapa provinsi selatan, atas permintaan pemulangan mereka karena wabah baru coronavirus.

Warga Turki dikembalikan ke tanah air mereka melalui rute darat dengan dukungan dari menteri Turki dan Kedutaan Besar Turki di Baghdad. Pemerintah Turki telah memulangkan sekitar 60.000 warga negaranya dari berbagai negara sejak awal pandemi.

06:30 GMT – May Day menandai rasa sakit bagi pekerja yang terkena virus.
Yang pertama bulan Mei biasanya membawa baik aksi unjuk rasa maupun unjuk rasa perayaan yang menandai Hari Buruh internasional.

Di antara sepuluh juta orang menganggur atau dipecat dari pekerjaan oleh krisis coronavirus, pekerja garmen adalah salah satu yang paling terpukul ketika pesanan menghilang dan membuat pabrik-pabrik tutup, membuat pekerja protes di saat kuncian membuat mereka terkunci di rumah.

Jutaan pekerjaan kehilanngan pendapatan di negara-negara seperti Bangladesh, Indonesia, Kamboja dan Myanmar, yang sangat bergantung pada manufaktur garmen karena merek-merek fesyen membatalkan atau menangguhkan pesanan senilai miliaran dolar.

06:15 GMT – Heathrow melihat angka penumpang April turun 97%.
Bandara Heathrow London, yang secara tradisional tersibuk di Eropa, mengatakan jumlah penumpang diperkirakan turun sekitar 97 persen pada April dan mereka kemungkinan akan tetap sepi sampai pemerintah yang memerangi wabah koronavirus menganggapnya aman untuk bepergian.

Untuk kuartal pertama, pendapatan turun 12,7 persen menjadi 593 juta pound ($ 745 juta). Namun Heathrow mengatakan memiliki likuiditas 3,2 miliar pound, cukup untuk mempertahankan bisnis setidaknya selama 12 bulan ke depan, bahkan tanpa penumpang.

06:00 GMT – PM Hongaria memperingatkan potensi gelombang kedua pada Oktober-November.
Hongaria perlu bersiap menghadapi kemungkinan gelombang kedua wabah koronavirus pada Oktober hingga November, meskipun penyebaran virus itu kemungkinan akan melambat pada musim panas, kata Perdana Menteri Viktor Orban kepada radio pemerintah.

Orban juga mengatakan jika pihak berwenang berhasil mengurangi tingkat kematian dari pandemi di Budapest, di mana 80 persen kematian telah dicatat, hanya dengan demikian pembatasan saat ini akan dikurangi di ibu kota.

05:45 GMT –
Australia mengatakan hubungan dengan China ‘saling menguntungkan.’
Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut hubungan negara itu dengan China “saling menguntungkan” di tengah pertikaian yang semakin intensif dengan Beijing mengenai usulan penyelidikan internasional mengenai wabah koronavirus.

China, mitra dagang utama Australia, menuduh Canberra melakukan “trik kecil” dalam perselisihan yang dapat memengaruhi hubungan diplomatik dan ekonomi antara kedua negara.

05:03 GMT – Thailand melaporkan enam kasus virus corona baru.
Thailand melaporkan enam kasus virus korona baru dan tidak ada kematian baru pada hari Jumat, dengan jumlah infeksi mencapai 2.960 infeksi sementara kematian tetap di 54 sejak wabah dimulai pada bulan Januari.

Infeksi harian baru tetap dalam satu digit selama lima hari berturut-turut. Keenam kasus itu juga menandai infeksi harian baru terendah sejak awal Maret, menurut kantor berita Reuters.

04:39 GMT – Australia mempertimbangkan untuk mengurangi langkah-langkah pembatasan.
Australia akan mempertimbangkan Jumat depan apakah akan melonggarkan pembatasan mobilitas terkait coronavirus, karena laju pertumbuhan infeksi baru melambat, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan Jumat setelah pertemuan kabinet nasional.

Morrison mendesak warga Australia untuk mengunduh aplikasi yang bertujuan melacak kontak pasien COVID-19, dengan mengatakan itu adalah prasyarat untuk melonggarkan tindakan pencegahan. Australia telah melaporkan sekitar 6.700 kasus COVID-19 dan 93 kematian.

04:24 GMT – Demonstrasi panggung May Day rally di Taiwan.
Kelompok-kelompok serikat buruh berkumpul untuk unjuk rasa May Day sambil mengenakan masker bedah untuk melindungi diri dari penyakit coronavirus di Taipei pada hari Jumat.

04:12 GMT – Afghanistan kemungkinan menghadapi ‘bencana kesehatan’ coronavirus.
Afghanistan, dilanda sistem kesehatan yang buruk, gizi buruk, perang, dan kerentanan lainnya, kemungkinan menghadapi “bencana kesehatan” dari coronavirus. Demikan sebuah laporan pengawas kepada Kongres AS memperingatkan.

Laporan oleh Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR) dapat meningkatkan kekhawatiran di antara para pejabat AS bahwa pandemi mengancam untuk menggagalkan upaya perdamaian pimpinan AS yang terhenti.

“Banyaknya Afghanistan dan, dalam beberapa kasus, kerentanan unik – sistem perawatan kesehatan yang lemah, malnutrisi luas, perbatasan keropos, perpindahan internal besar-besaran, kedekatan dengan Iran, dan konflik yang sedang berlangsung – memungkinkan negara itu akan menghadapi bencana kesehatan di masa mendatang. bulan.

03:19 GMT – Malaysia mengizinkan sebagian besar bisnis dibuka kembali mulai 4 Mei.
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan pada hari Jumat bahwa sebagian besar bisnis akan diizinkan untuk dibuka kembali pada hari Senin, 4 Mei, tergantung pada beberapa kondisi.

Sektor ekonomi yang melibatkan pertemuan besar orang-orang seperti bioskop dan pasar malam, bagaimanapun, tidak akan diizinkan untuk dibuka kembali, katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

02:44 GMT –
Ekspor Korea Selatan jatuh karena coronavirus.
Krisis coronavirus membuat ekspor Korsel jatuh pada April pada laju paling tajam sejak krisis keuangan global, menandakan prospek suram untuk perdagangan internasional karena pandemi itu melumpuhkan ekonomi dunia dan menghancurkan permintaan, menurut kantor berita Reuters.

Ekspor turun 24,3 persen tahun ke tahun di bulan April, data kementerian perdagangan menunjukkan pada hari Jumat, kontraksi terburuk sejak Mei 2009. Ini turun 0,7 persen di bulan sebelumnya. Rata-rata ekspor per hari kerja, tidak termasuk efek kalender, juga anjlok 17,4 persen, jauh lebih buruk dari penurunan 6,9 persen yang terlihat di bulan Maret. Korea Selatan, adalah ekonomi terbesar keempat di Asia.

02:25 GMT – Korea Selatan melaporkan sembilan kasus baru.
Korea Selatan melaporkan sembilan kasus lagi coronavirus baru pada hari Jumat, membawa total infeksi negara ke 10.774, dari yang 9.072 telah pulih, kantor berita Yonhap melaporkan.

Dari sembilan kasus baru, delapan kasus diyakini berasal dari orang-orang yang datang dari luar negeri. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengatakan dalam sebuah pernyataan. Korban jiwa dari coronavirus naik satu menjadi 248 total.

01:55 GMT – Rumah duka di New York ‘meluap’ dengan mayat.
Pejabat negara bagian New York telah memperingatkan bahwa rumah duka dapat menghadapi denda dan penangguhan lisensi, setelah polisi menemukan bahwa satu fasilitas seperti itu di Brooklyn telah menggunakan untuk menyimpan puluhan mayat di atas es di truk sewaan.

Pihak berwenang menemukan bahwa Rumah Pemakaman Andrew T. Cleckley telah menyewa empat truk untuk menampung sekitar 50 mayat, kata Komisaris Kesehatan Dr Howard Zucker, Kamis. Seorang pemilik bisnis tetangga menelepon 911 untuk melaporkan bahwa cairan bocor dari salah satu truk, kata polisi.

Pejabat kesehatan mengeluarkan panduan untuk semua rumah duka bahwa mereka tidak akan mentolerir “perilaku semacam itu,” kata Zucker pada briefing harian coronavirus oleh Gubernur New York Andrew Cuomo.

Hampir 63.000 orang telah meninggal karena virus korona di AS, yang sebagian besar berasal dari New York.

01:25 GMT – Jepang akan memperpanjang keadaan darurat.
Jepang secara resmi akan memutuskan pada hari Senin apakah akan memperpanjang keadaan darurat nasionalnya, menurut penyiar publik NHK, setelah Perdana Menteri Shinzo Abe memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi “pertempuran sengit” melawan virus corona.

Keadaan darurat nasional ditetapkan akan berakhir pada 6 Mei dan pemerintah berencana untuk memperpanjang darurat selama sekitar satu bulan, kata sumber kepada kantor berita Reuters.

Beberapa negara memulai kembali aktivitas bisnis setelah penutupan dan langkah-langkah menjauhkan sosial untuk menahan penyebaran virus, bahkan ketika Jepang telah melihat jauh lebih sedikit infeksi dan kematian daripada titik panas di Amerika Serikat dan Eropa.

01:00 GMT – China melaporkan 12 kasus baru coronavirus.
Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan pada hari Jumat 12 infeksi coronavirus baru pada akhir Kamis, dengan 6 kasus yang impor.

Ada hampir 84.000 orang yang terinfeksi penyakit ini di China, tetapi sekitar 94 persen pasien telah pulih. Setidaknya 4.637 secara resmi dilaporkan sebagai kematian.

Sementara itu, Cina mengumumkan akan membuka kembali Museum Istana di Beijing untuk umum mulai Jumat, 1 Mei.

01:00 GMT – Dokter top AS mengungkapkan harapan untuk obat coronavirus.
Berita bahwa obat eksperimental tampaknya menjadi pengobatan efektif pertama untuk virus corona baru telah mengeluarkan banyak perhatian.

Pembicaraan pada Kamis untuk seberapa cepat Administrasi Makanan dan Obat-obatan federal mungkin bertindak pada remdesivir Gilead Sciences, setelah hasil awal dari sebuah penelitian utama menemukan itu mempersingkat waktu pemulihan dengan rata-rata empat hari untuk orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit ini, juga dikenal sebagai COVID 19.

“Anda sekarang memiliki obat yang telah Anda buktikan benar-benar dapat bekerja pada virus,” kata Dr. Anthony Fauci dari National Institutes of Health kepada kantor berita Associated Press.

“Apakah itu akan menjadi obat yang luar biasa? Tidak, tentu saja tidak. Tetapi dengan penggunaannya,” Anda akan membebaskan tempat tidur rumah sakit, Anda akan mengurangi stres pada sistem perawatan kesehatan, “tambahnya.

00:40 GMT – Australia merencanakan kembalinya olahraga karena penyebaran coronavirus melambat.
Pemerintah Australia akan bertemu pada hari Jumat untuk membahas bagaimana kegiatan olahraga dapat dimulai kembali ketika jumlah kasus virus korona baru berkurang dan negara-negara mulai melonggarkan pembatasan pada pertemuan sosial. Demikian dua sumber yang mengetahui rinciannya kepada kantor berita Reuters.

Australia telah melaporkan sekitar 6.700 kasus virus korona baru dan 93 kematian, jauh di bawah tingkat yang dilaporkan di Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa. Pertumbuhan infeksi baru telah melambat menjadi kurang dari 0,5 persen sehari, dibandingkan dengan 25 persen sebulan yang lalu.

“Agenda mencakup prinsip-prinsip untuk olahraga dan kegiatan rekreasi lainnya,” kata satu sumber yang akrab dengan agenda kabinet kepada Reuters.

00:30 GMT – Meksiko melaporkan 1.425 kasus virus korona baru, 127 kematian.
Pejabat kesehatan Meksiko telah melaporkan 1.425 kasus baru virus corona baru dan 127 kematian baru di negara itu, sehingga totalnya menjadi 19.224 kasus dan 1.859 kematian di negara itu.

00:01 GMT – Trump mengatakan AS tidak pernah dapat mendeklarasikan ‘kemenangan total’ atas virus.
Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa ia percaya AS tidak akan pernah menyatakan “kemenangan total” atas virus corona karena terlalu banyak orang telah meninggal. Tetapi dia menambahkan bahwa dia akan menganggapnya sebagai kemenangan ketika virusnya hilang dan ekonomi sepenuhnya dibuka kembali.

Dengan hampir 63.000 orang Amerika terserang virus, Trump menunjukkan bahwa tingkat kematian di AS lebih rendah daripada di banyak negara lain dan ia menawarkan prediksi optimis bahwa ekonomi yang terpukul akan jauh meningkat dalam hitungan bulan dan “spektakuler” tahun 2021.***sumber Al Jazeera dan antor-kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru