Sunday, September 22, 2019
Home > Berita > Tokoh Pers Tarman Azzam Sudah Tiada

Tokoh Pers Tarman Azzam Sudah Tiada

Tarman Azzam kini sudah tiada. suarasurabaya-net.

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakaarta) – Komunitas wartawan Indonesia sedang berduka, karena wartawan senior yang juga Ketua Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tarman Azzam meninggal dunia, Jumat (9/9/2016) pada pukul 09.23 WIT.

Tarman meninggal setelah mendapat serangan jantung di Ambon, Maluku, saat ingin menghadiri peluncuran Hari Pers Nasional 2017 bersamaan dengan pembukaan pesta Teluk Ambon.

Ketua Dewan Kehormatan PWI, Ilham Bintang menjelaskan, Tarman merupakan satu di antara sedikit wartawan yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk organisasi kewartawanan paling tua di Indonesia tersebut.

“Dia hampir tak menyisakan waktu untuk keluarga karena mengurus organisasi,” ujar Ilham, seperti dilansir kompas.com, mengomentari tokoh pers kelahiran  11 Desember 1949 itu.

Menurut Ilham, Tarman merupakan sosok yang mampu mengeksiskan PWI hingga saat ini, dibuktikan dengan pernah terpilihnya Tarman sebagai Ketua Umum PWI Pusat pada dua priode, 1998 hingga 2008.

Saat ini pun, Tarman menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat.

“Apalagi di masa reformasi, masa sulit itu bisa dilewati dan berhasil menyelamatkan PWI hingga terus eksis sampai sekarang,” kata Ilham.

Ilham menjelaskan, pukul 09.00 pagi WIT, almarhum masih menyempatkan diri berbincang dengan dengan tokoh masyarakat Maluku, Suadi Marabessy.

Namun, ketika hendak ke kamar mandi, dia jatuh dan tak sadarkan diri. Beberapa menit kemudian almarhum menghembuskan nafas terakhirnya. Jenazah saat ini disemayamkan di Rumah Sakit Tentara Dr Latumenten, Ambon.

Rencananya, jenazah diterbangkan dari Ambon pukul 14.00 dan tiba di rumah duka di Jalan Wijaya Kusumah III/3 No. 118 Perumnas Klender, Jakarta Timur pukul 16.00 WIB.

Tarman berada di Ambon mewakili Ketua Umum PWI Pusat Margiono untuk meluncurkan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tingkat lokal pada 8 September 2016 meninggal dunia di Hotel Manise. Mantan Ketua Umum PWI itu berada di Ambon sejak Rabu (7/9) siang dan menginap di kamar 300 hotel itu.

Almarhum sebelum menghadiri peluncuran HPN lokal menyempatkan diri mengunjungi pesona wisata belut air tawar maupun pantai Desa Tulehu dan Pantai Liang, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon.

Penjabat Ketua PWI Provinsi Maluku Fredom Toumahu menyatakan wartawan Indonesia merasa kehilangan sosok pemimpin yang bersahaja.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru