Monday, November 11, 2019
Home > Olahraga > Tinton Soeprapto Kini Berusia 70 Tahun

Tinton Soeprapto Kini Berusia 70 Tahun

Tintonn Soeprapto

Tinton Soeprapto (tengah) ternyata piawai memasak. I merayakan ulang tahun ke-70 Jumat malam (mobilinanews.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Tinton Soeprapto pernah menjadi idola pada masa 1970-an dan sirkuit Ancol ketika itu penuh sesak bila pria jangkung itu turun membalap. Pada 21 Mei lalu ia genap berusia 70 tahun. 

Acara puncak peringatan hari lahirnya diadakan di seputar tepi kolam renang Hotel Lorin di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat malam, dihadiri para teman lama dan beberapa pejabat, di antaranya Ketua Dewan Pembina Partai Gerinda, Prabowo Subiakto.

Berbagai acara diadakan malam itu, termasuk penampilan Band The Steps binaan Tinton pada era 70-an, musik angklung, serta kesan-kesan dari putranya Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto, keduanya mantan pebalap sedangkan Moreno kini sebagai anggota DPR-RI.

Tinton – putra ketiga pasangan Mayjen Soejatmo (alm) dan Koestantinah (almh) lahir pada 21 Mei 1945 dan membalap di berbagai negara – dan ia mendapat penghargaan Adimanggala Krida dari pemerintah.

Pebalap yang amat loyal dengan profesinya ini, mulai menangani Sirkuit Ancol pada 1975 dan bersama Hutomo MP mencetuskan berdirinya Sirkuit Internasional Sentul pada 1990.

Pada 1996 dan 1997, di Sirkuit Sentul diselenggarakan Kejuaraan Indonesia MotoGP dan rencananya akan diadakan lagi pada 2017 mendatang.

“Saya semangat sekali karena negara tercinta ini dipercaya lagi sebagai tuan rumah MotoGP. Kini kita konsentrasi pada sarana dan prasarananya serta infrastruktur yang dibutuhkan. Ini butuh bantuan berbagai pihak termasuk negara, agar kita bisa lolos pada acara lomba dua tahun mendatang,” ungkapnya.

Tinton mengawali kiprahnya dalam balapan melalui balap sepeda pada 1959 dan ia pun ketika itu bergabung dalam Geng Menteng bersama Soebronto Laras, Robert Silitonga, Saksono SA dan Todddy Andreas. Mereka adalah para jawara di arena balap.

Tinton kerap menyelenggarakan berbagai acara balapan di Ancol – salah satu yang terkenal adalah Sunday Afternoon Race, kemudian Formula Pasifik pada 1976 serta lomba side-car bertaraf internasional, bahkan ia pernah menyelenggarakan balap bajaj dan truk.

Ia semakin fenomenal ketika membentuk sasana tinju Tonsco dan bertindak sebagai promotor tinju pro, dengan menyelenggarakan pertandingan di atas kolam renang serta di kawah Gunung Bromo.

Pada usianya yang ke-70 tahun, Tinton kelihatan amat sehat, segar dan tangkas melayani semua tamunya yang datang pada peringatan ulangtahunnya itu.

Selamat Ulang Tahun Mas Tinton. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru