Sunday, October 20, 2019
Home > Berita > Timnas Indonesia gagal pertahankan dominasi

Timnas Indonesia gagal pertahankan dominasi

Inilah ekspresi kekecewaan timnas Indonesia usai dikalahkan Malaysia, Sabtu malam. (kickoffnews-blogger)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Amat disayangkan, timnas Indonesia U-22 tahun tidak mampu mempertahankan dominasi permainan mereka sehingga gagal maju ke babak final turnaman sepak bola SEA Games 2017, Sabtu malam.

Tim Garuda Muda itu terseok dalam usaha melaju ke babak final, karena menjelang akhir pertandingan diperdaya 0-1 oleh tim tuan rumah Malaysia melalui tandukan  Thanabalan Nadarajah pada menit ke-85 dan sekaligus mengubur harapan timnas untuk memperoleh medali emas.

Bermain di Stadion Shah Alam, Sabtu (26/8/2017) malam WIB, di menit awal pertandingan, Timnas Indonesia terlihat dominan dalam penguasaan bola, namun mereka tidak mampu memasuki wilayah pertahanan Malaysia. Peluang pertama pun justru di dapat tim Malaysia lewat umpan siang, Beruntung bagi Timnas, bola dengan cepat dipotong oleh Satria Tama.

Di menit ke 13 giliran Timnas melakukan tekanan. Rezaldi Hehanusa, yang bergerak di posisi kiri mengirim umpan silang ke kotak penalti. Ezra Wilian, yang sudah menunggu di kotak penalti gagal menyambut bola lantaran kiper Malaysia dengan sigap menghalau bola.

Pada menit ke-30, Satria Tama kembali membuat penyelamatan gemilang. Ia berhasil menepis bola dari hasil tendang voli pemain Malaysia di dalam kotak penalti.

Timnas kembali melakukan tekanan di menit ke-34. Febri Haryadi, yang melakukan tusukan dari sisi kiri ke dalam kotak penalti usai melewati bek Malaysia. Alih-alih mengumpan, Febri justru memilih melepaskan tembakan. Namun, tendangannya masih tepat di pelukan kiper lawan. Hingga akhir babak pertama skor masih tetap imbang 0-0.

Begitu pluit babak kedua dibunyikan, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Febri Haryadi, kembali melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Malaysia, namun upayanya masih bisa diredam bek Malaysia.

Kembali menekan

Dimenit ke 55 Indonesia kembali menekan. kali ini giliran Ezra Walian yang menyisir dari sisi kiri yang kemudian memberi umpan pendek ke Evan. Sayang tembakan Evan dari luar kotak penalti masih terlalu lemah.

Peluang emas kembali didapat Indonesia pada menit ke 63. Lagi-lagi melalui Febri Haryadi, ia melakukan penetrasi di sisi kiri dan melepaskan umpan mendatar kepada Evan. Namun, Evan kembali gagal mengarahkan bola tepat ke gawang.

Di menit ke 69 giliran Malaysia mendapat peluang. Bola hasil tendangan bebas berhasil disambut dengan sundulan oleh Muhammad Jafri. Namun, bola hasil tandukannya sedikit melenceng di sisi kanan gawang Satria Tama.

Timnas kembali mendapat peluang di menit ke 82 melalui Osvaldo Haay, ia bergerak dari sisi kanan dan melakukan tusukan ke tengah dan memberi umpan ke Yabes. Sayang tembakan Yabes Roni itupun masih melambung di atas gawang.

Gol tuan rumah akhirnya tercipta di menit ke-85. Berawal dari sepak pojok, Thanabalan Nadarajah yang lolos dari kawalan bek Indonesia berhasil menanduk bola ke dalam gawang Satria Tama untuk membawa Malaysia memimpin 1-0.

Timnas mendapat kesempatan untuk menyamakan skor di menit ke 89 melalui Ricky Fajrin, bek Timnas tersebut berhasil menyambut umpan hasil dari sepak pojok, sayang tandukannya justru melambung di atas gawang Malaysia.

Hingga laga usai, tak ada gol lagi yang tercipta. Malaysia pun berhasil melangkah ke Babak Final bertemu Thailand usai mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0, Sementara itu, dengan kekalahan 1-0 ini, Indonesia harus berhadapan dengan Myanmar di perebutan medali perunggu pada 29 Agustus mendatang.

Pertandingan yang disaksikan penonton memadati stadion serta ribuan pasang mata melalui televisi nasional dan swasta pada Sabtu malam, terasa memprihatinkan, karena sebenarnya Indonesia memiliki lebih banyak tekanan dan dominasi permainan.  (hafidz aa/hcb/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru