Sunday, September 22, 2019
Home > Berita > Tim F1 Manor Putuskan Hubungan Dengan Rio Haryanto

Tim F1 Manor Putuskan Hubungan Dengan Rio Haryanto

Rio Haryanto putus hubungan dengan Manor. (dailymail.co.uk)

MIMBAR-RAKYAT.com (London) – Tim Formula Satu (F1) Manor memutus ikatan kontrak dengan Rio Haryanto sebagai pebalap mereka dan posisinya digantikan pebalap asal Prancis, Esteban Ocon, yang akan berlaga pada sisa lomba musim 2016.

Manor mengumumkan dalam pernyataan mereka Rabu, seperti disiarkan dailymail.co.uk,  pebalap F1 pertama dari Indonesia itu, tidak mampu memenuhi keharusan kontrak, berkaitan dengan masalah keuangan dari sponsornya.

Direktur Balap Manor Dave Ryan mengatakan, “Tim sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk mempertahankan Rio, namun karena tidak menemui hal terbaik untuk bekerja sama dengan tim, maka kami terpaksa menjalankan opsi lain.

Tim Manor juga mengumumkan, mereka sudah menawarkan kepada Rio sebagai pebalap “pengganti” dalam usaha agar pebalap pendiam dari Solo itu tetap berada dan “mempertahankan impiannya berlaga di ajang F1”

“Rio merupakan anggota tim kami yang amat bernilai sejak Januari, ketika kami menandatangani kontrak dengannya untuk membalap musim ini,” kata Ryan dalam pernyataannya.

“Kami berusaha meneruskan agar ambisi Rio tetap berada di F1, dengan cara membuatkan sebagai pebalap pengganti (reverse driver) pada sisa lomba musim ini. Kami amat berharap agar ia menerima tawaran kami ini,” tutur Ryan.

Tidak lama setelah mengumumkan putus hubungan Rio, Manor mengumumkan pula bahwa posisinya kini digantikan Esteban Ocon pada sisa lomba musim ini, yang akan dimulai di Belgia Grand Prix.

Seetelah melakukan debutnya pada Australia Grand Prix pada 2016 ini, Rio membukukan hasil terbaik di Monaco Grand Prix ketika ia finis di urutan ke-15. Usaha terbaiknya pada sesi kualifikasi, ketika tampil di European Grand Prix di Azerbaijan, saat berada di posisi 16.

Ocon (19 tahun), sebelumnya sebagai pebalap pencoba (test driver) pada tim Mercedes dan Renault.

Dailymail.co.uk dengan jelas memberitakan Manor memberhentikan Rio karena masalah uang kontrak.  Berita itu diberi judul “Manor terminate Rio Haryanto’s contract and replace him with Esteban Ocon due to lack of funding.”

Estaben Ocon

Esteban Ocon akan menjadi teman setim Pascal Wehrlein, setelah pebalap “rookie” Indonesia gagal memenuhi  ketentuan (obligasi) kontraknya, demikian dilaporkan laman F1.com.

Pebalap berusia 19 tahun dari Prancis itu, akan tampil pertama kali di ajang laga F1 pada akhir bulan ini di Belgia. Ia merupakan pebalap cadangan Renault musim ini dan ia juga membalap dalam DTM mengusung tim Mercedes-AMG. Ia juga memenangi Kejuaraan Euro FIA F3 pada 2914 dan Seri GP3 pada 2015.

Estaben Ocon berusia 19 tahun menggantikan Rio Haryanto di Manor.
Estaben Ocon berusia 19 tahun menggantikan Rio Haryanto di Manor.

“Saya merasa amat takjub dapat melakukan debut Grand Prix bersama Manor pada tahun ini,” kata Ocon, “Saya amat siap melanjutkan kiprah balap saya  ini. Saya beruntung dapat sebagai pebalap cadangan musim ini dan kini saya membalap di F1.”

“Saya berterima kasih kepada Tim Sport F1 Renault dan Mercedes-Benz yang sudah bekerja sama membuat hal ini terjadi. Dan juga tentu saja kepada Manor Racing, yang usulnya saya sambut dengan kedua tangan terbuka,” kata Ocon.

“Saya sudah mengunjungi Pusat Teknik Manor, untuk menyesuaikan tempat duduk saya, jadi kami sudah siap melakukan percobaan setelah masa rehat musim panas. Tim sudah melakukan hal hebat musim ini dan saya takjub dapat bersama dengan mereka. Saya berusaha membuat hal terbaik untuk lebih memajukan tim ini. Saya sudah tidak sabar untuk melakukannya,” kata Ocon.

Rekor Rio Haryanto pada musim 2016:

Lomba : 12

Finis : 9

Poin : 0

Podium : 0

Finis terbaik : ke-15 (Monako)

Kualifikasi terbaik  : ke- 16th (European GP) .  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru