Tuesday, December 12, 2017
Home > Berita > Tiga Tim Masih Berpeluang Menjadi Juara Formula 2 2017

Tiga Tim Masih Berpeluang Menjadi Juara Formula 2 2017

Sean Gelael dan Norman Nato belum mampu tampil maksimal di Yas Marina karena masalah teknis. (jagonya ayam)

MIMBAR-RAKYAT.com (Yas Marina, Abu Dhabi) – Persaingan sengit tersaji pada balapan pertama (feature race) seri ke-11 atau terakhir Formula 2 2017 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Sabtu, dan balapan 31 putaran itu akhirnya dimenangi pembalap DAMS asal Inggris, Oliver Rowland.

Kemenangan Rowland ini sangat penting bagi DAMS karena mereka tengah bersaing ketat dengan Prema Racing dan Russian Time di klasemen tim. Tambahan 25 poin dari Rowland dan enam angka dari Nicholas Latifi (Kanada) membuat DAMS kini mengoleksi 376 poin.

Mereka naik ke puncak klasemen, menggeser Prema Racing yang kini berada di urutan kedua dengan koleksi 374 poin, setelah mendapat tambahan 15 poin dari Antonio Fuoco (Italia) yang finis di urutan ketiga dan 12 poin dari Charles Leclerc (Monaco) yang finis di posisi keempat.

Russian Time berada di peringkat ketiga dengan 373 poin. Artem Merkelov (Rusia) menyumbang 18 poin hasil finis di urutan kedua dan tambahan 4 poin karena manjadi pole-sitter. Rekan satu timnya, Luca Ghiotto (Italia), finis di urutan kelima dan menambahkan 10 poin.

Tiga tim di atas masih berpeluang untuk menjadi juara musim ini. Mereka masih punya satu kesempatan untuk menambah angka saat turun pada balapan terakhir musim ini yaitu sprint race yang akan digelar Minggu (26/11/2017).

Balapan feature race hari ini berjalan seru. Sejak start dilakukan, balapan didominasi oleh Markelov, Nick de Vries (Racing Engineering), dan Rowland. Leclerc sudah berada di posisi keempat, diikuti Ghiotto.

De Vries akhirnya berhasil melewati Markelov untuk memimpin balapan pada lap keenam. Pada akhir lap ini, Markelov dan Rowland masuk pit untuk melakukan mandatory pit stop. De Vries memimpin balapan, diikuti Leclerc. Keduanya terus membuka jarak dari pembalap lain. Namun, kedua pembalap ini belum melakukan pit stop wajib.

Pada lap ke-11, Leclerc berhasil melewati De Vries dan mengambil alih pimpinan balapan. Pembalap Monaco ini melesat cepat dan sudah unggul lima detik pada lap ke-14. Leclerc, yang musim ini sudah mengunci gelar juara umum pembalap, baru melakukan pit stop pada akhir lap ke-23.

Saat kembali ke lintasan, dia berada di urutan kelima. Rowland memimpin balapan, diikuti Markelov. Setelah melewati Fuoco dan De Vries, Leclerc akhirnya berada di posisi ketiga.

Rowland berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir. Sekitar enam detik kemudian, Markelov finis di urutan kedua. Tepat di depan garis finis, Fuoco berhasil melewati Leclerc dan berhak atas posisi ketiga. Leclerc finis di posisi keempat.

Dua pembalap tim Pertamina Arden, Norman Nato (Prancis) dan Sean Gelael (Indonesia), menutup balapan dengan finis di urutan ke-15 dan ke-17.

Tim Pertamina Arden masih kesulitan untuk mengoptimalkan pemakaian ban lunak. Tim Pertamina Arden masih berada di peringkat enam klasemen.  (arh/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru