Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Tiga Bandit Komplotan Penipu dan Perampasan di Jabar Roboh Dibedil Polisi

Tiga Bandit Komplotan Penipu dan Perampasan di Jabar Roboh Dibedil Polisi

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Bandung) – Sindikat penipuan disertai perampasan yang beroperasi di tiga kabupaten di Wilayah Jawa Barat dibongkar polisi. Lima tersangka ditangkap dan tiga di antaranya terpaksa ditembak kakinya karena mencoba melawan saat disergap di Soreang, Kabupaten Bandung, Senini (19/12).

Para tersangka kini mendekam di kamar tahanan Polres Bandung. Tersangka AH, 51, HY,42, dan UE, 37, terpaksa dibedil kakinya karena mencoba kabur saat ditangkap. Sedang dua tersangka lainya IA, 58, dan BP, 40, menyerah saat melihat kaki betis temannya dihadiahi pelor dan bersarang di betis.

“Kami masih mengembangkan kasus ini karena ada dugaan banyak makan korban,“ kata Kasat Reskrim Polres Bandung AKP Niko Niko Nurulloh pada wartawan.

Ia menjelaskan, saat menggeledah mobil tersangka pihaknya berhasil mengamankan uang palsu pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 100 juta dan uang mainan Rp 250 juta. “Uang itu dimiliki tersangka untuk meyakinkan para korban,“ katanya.

Modus kejahatan yang dilakukan tersangka membuka bisnis online dengan menawarkan barang hasil lelangan dari kantor Bea Cukai. Ketika ada korban yang berminat tersangka mengajak bertemu di tempat yang sudah ditentukan.

“Uang palsu tadi untuk meyakinkan korban kalau tersangka ini benar benar pebisnis,“ ujarnya. Para korban yang bertemu tersangka langsung disergap dan dituduh sebagai mengedar narkoba. “ Korban tak melawan lantaran tersangka mengaku polisi. Korban ketakutan, tersangka lain merampas hartanya mulai mobil, HP dan uang,“ tambahnya.

Petugas menyita barang bukti lain berupa 4 mobil, CRV D 1047 PS, Toyota Agya F 1969 NF, picku up D 1805 YT, dan BMW D 1849 QP, ditambah 16 HP. “

Terungkapnya kasus ini, dari laooran seorang korban. Setelah dua bulan melakukan penyelidikan, petugas lapangan berhasil membongkar dan menangkap sindikat tersebut. Para tersangka dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara, pungkasnya. Kawanan ini beraksi di Kabupaten Bandung, Cimahi, Purwakarta, dan Sumedang. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru