Sunday, September 22, 2019
Home > Berita > Rio: Test F1 Pertama, Luar Biasa, Menakjubkan

Rio: Test F1 Pertama, Luar Biasa, Menakjubkan

Rio Haryanto, test pertama F1 di Barcelona. (formulaspy.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Barcelona) – Rio Haryanto yang melakukan test pertama F1 Rabu waktu setempat menyatakan ia merasakan hal luar biasa dan menakjubkan sehingga ia tidak sabar untuk melakoni test berikutnya Kamis. 

“Saya tidak sabar lagi untuk melakukan test berikutnya besok..ini luar biasa dan amat menakjubkan, bagi saya dan bagi negara saya,” kata pebalap asal Solo itu setelah menyelesaikan test di atas MRT05.

“Tentu saja saya sudah pernah melakukan test Formula 1 sebelumnya, tapi belum ada jaminan saya akan berlaga di ajang yang sebenarnya,” kata Rio seperti dilansir manorracing.com.

“Kami sedang bersiap menuju trek cepat di Melbourne dan ini merupakan laga Grand Prix F1 pertama bagai saya. Saya merasakan hal luar biasa dan saya tak sabar untuk melakukannya. Di dalam kendaraan banyak alat yang harus diamati secara serius dan fokus dan saya harus mengikuti program dua hari ini untuk menyatu dengan karakter kendaraan. Saya merasa enak dan menikmati progres dan evaluasi data test saya,” kata Rio.

Pebalap pertama Indonesia yang berlaga di F1 itu, merasakan test pertama bersama tim Manor Racing yang akan tampil penuh pada musim 2016.

Saluran sosial media tim dan Rio dipenuhi ucapan selamat berlomba dan mendoakan Rio yang akan mulai berlaga pada bulan depan.  Di atas mobil jenis MRT05.

Direktur Teknis Manor Racing, John McQuilliam, mengatakan, Rio cepat beradaptasi dengan kendaraannya dan ia amat fokus, baik ketika sedang berada di garasi mau pun saat duduk di kokpit.

“Rio amat antusias dan ia melaju cepat begitu memasuki kendaraannya. Ia amat bersungguh-sungguh ingin mengeksplorasi potensi dan karakter kendaraan.  Ia harus bangga dengan penampilan pertamanya ini dan ini membuat kami semakin bersemangat karena memiliki pebalap yang lapar bertarung di lintasan. Ini merupakan pertana bagus bagi kami,” katanya.

Pada test bersama tim Manor itu, Rio Haryanto mengalami masalah  pada awalnya sehingga panita mengibaskan bendera merah.

Seperti diberitakan formulaspy.com, pebalap Indonesia itu menaiki mobil baru tipe MRT05 untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya naik kendaraan lama MR03B di Abu Dhabi saat test bersama  Pirelli pada November lalu. Semua mata terarah pada pebalap keluaran GP2 itu saat ia nongol dari garasi di Circuit De Catalunya.

Mendekati sesi rehat makan siang, rio menyelesaikan test 25 putaran, tapi bendera merah sempat terkibar karena kendaraannya terpeleset di Turn 5.  Ia berada di urutan P10 dari 11 yang ikut test, dengan waktu terbaik 1:29.808, 4.5, berada di bawah pebalap tercepat pertama, Nico Hulkenberg.

Rio mengatakan, ia merasa ada sedikit tekanan karena ia sebagai pebalap pertama Indonesia di F1 dan masyarakat serta negara berpengharapan besar kepadanya.

“Saya harus memiliki mental lebih kuat setelah melakukan perjalanan panjang dari negara saya, serta tingginya ekspektasi Indonesia agar saya tampil bagus musim ini,” ujar putera Sinyo itu.

“Atensi media luar biasa ketika diumumkan saya sebagai pebalap Indonesia pertama di F1. Banyak yang ingin mewawancarai saya dan saya harus melayaninya, karena tanpa mereka saya tidak akan ada di sini. Mereka memiliki ekspektasi tinggi, mereka menunggu sudah lama sekali,” kata Rio.

Hasil test 1.

1. Nico Hulkenberg Germany Force India-Mercedes 37 laps 1m 25.286s
2. Kevin Magnussen Denmark Renault-Renault 63 laps 1m 26.014s
3. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes 74 laps 1m 26.084s
4. Carlos Sainz Spain Toro Rosso-Ferrari 66 laps 1m 26.239s
5. Daniil Kvyat Russia Red Bull-TAG-Heuer 29 laps 1m 26.497s
6. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes 47 laps 1m 26.712s
7. Felipe Nasr Brazil Sauber-Ferrari 61 laps 1m 26.840*
8. Jenson Button Britain McLaren-Honda 45 laps 1m 26.919s
9. Romain Grosjean France Haas-Ferrari 54 laps 1m 26.955s
10. Rio Haryanto Indonesia MRT-Mercedes 25 laps 1m 29.808s
11. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari 4 laps No time.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru