Tuesday, July 07, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Tentang Asam Urat dan Solusi Mengatasinya

Tentang Asam Urat dan Solusi Mengatasinya

Serangan asam urat

Serangan asam urat

Banyak orang mengeluhkan rasa sakit nyeri dan bengkak pada beberapa bagian tubuhnya dan setelah diperiksa dokter ternyata ia menderita penyakit asam urat.

Penyakit ini tidak hanya menyerang kalangan orang tua, tapi orang yang masih tergolong muda juga sering ditimpa penyakit ini.

Sebenarnya seperti apa penyakit ini? Apa saja gejala, penyebab, dan solusinya? Serta makanan apa yang menjadi pantangan?

Mari kita membahas penyakit ini, seperti diinformasikan dalam kumpulaninfo, karena hal ini amat berguna sebagai pengetahuan untuk mengetahui dan membentengi diri dari penyakit asam urat.

Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh.

Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru