Monday, August 19, 2019
Home > Berita > Tembaki Polisi, Pelaku Ditembak Mati

Tembaki Polisi, Pelaku Ditembak Mati

Dua warga berjalan ke arah polisi dengan tangan terangkat, menunjukkan tangan, setelah terjadi peristiwa penembakan. (Foto: Reuters/BBC News)

Dua warga berjalan ke arah polisi dengan tangan terangkat, menunjukkan tangan, setelah terjadi peristiwa penembakan. (Foto: Reuters/BBC News)

Mimbar-Rakyat.com (Paris) – Seorang  pria bersenjata terkapar ditembak mati oleh pasukan keamanan di Champs-Elysees, Paris, Kamis (21/4) waktu setempat. Sebelumnya dia menembak mati seorang polisi dan melukai dua petugas polisi lainnya.

Pihak keamanan setempat menyatakan telah mengidentifikasi priaa tersebut dari surat-surat yang ditinggalkan di mobilnya, namun pejabat Prancis belum bersedia menyebutkan namanya. Media lokal, seperti dikutip BBC News, bersipekulasi bahwa pria berusia 39 tahun itu tinggal di pinggiran kota, dan dipandang sebagai radikal potensial Islam.

Menurut seorang jurubicara kementerian dalam negeri,  Polisi Prancis juga memburu seorang pria yang telah diidentifikasi oleh petugas keamanan Belgia.

Presiden François Hollande dikabarkan akan memimpin sebuah rapat kabinet keamanan, karena Prancis bersiap untuk pemilihan presiden hari Minggu. Hollande yakin serangan tersebut “terkait dengan teroris”.

Pihak yang menebut diri sebagai Negara Islam (IS) mengatakan bahwa salah satu “pejuang” telah melakukan serangan tersebut. Pihak IS mengidentifikasi penyerang sebagai Abu-Yusuf al-Baljiki.

Menurut media Prancis, penyerang telah menjalani hukuman beberapa tahun penjara karena menembaki petugas polisi dengan pistol di awal tahun 2000an.

Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Pierre-Henry Brandet, sebuah mobil berhenti di samping sebuah bus polisi sebelum pukul 21:00 waktu setempat atau dini hari (WIB) dan seorang pria keluar, melepaskan tembakan ke bus dengan senjata otomatis.

Setelah membunuh seorang perwira, pria tersebut berusaha melarikan diri sambil menembaki petugas lainnya, dua di antaranya terluka. Dia kemudian ditembak mati oleh pasukan keamanan. Seluruh lokasi Champs-Elysees yang popular itu kemudian dievakuasi.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru