Saturday, March 28, 2020
Home > Internasional > Surat Rahasia Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei ke Obama

Surat Rahasia Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei ke Obama

MIMBAR-RAKYAT.com (Teheran)  – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengirimkan surat rahasia kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama.menjawab  tawaran Obama di tengah berlangsungnya pembicaraan mengenai program nuklir Iran.

Selama ini, otoritas Iran menegaskan bahwa aktivitas pengembangan teknologi nuklir mereka dimaksudkan untuk penggunaan sipil. Namun negara-negara Barat tetap mencurigai bahwa pengembangan nuklir tersebut sebenarnya memiliki tujuan militer

Menurut Wall Street Journal seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (14/2/2015), Khamenei telah menulis surat untuk Obama dalam beberapa pekan terakhir ini, sebagai respons atas surat Obama yang dikirimkan pada Oktober 2014 lalu.

Mengutip diplomat Iran seperti diberitakanp Wall Street Journal, surat Obama tersebut menyinggung tentang kemungkinan kerja sama AS-Iran dalam memerangi kelompok radikal ISIS, jika perjanjian nuklir bisa tercapai.

Surat Khamenei bersifat “hormat” tapi datar saja, tanpa komitmen apapun.

Atas pemberitaan ini, Gedung Putih dan kantor misi Iran di PBB menolak berkomentar.

Sebelumnya, Khamenei mengatakan dirinya bisa menerima kompromi dalam pembicaraan nuklir. Pemimpin spiritual Iran itu pun membela keputusan Presiden Hassan Rouhani untuk bernegosiasi dengan Barat. Padahal para figur garis keras berkuasa di Iran menentang kebijakan negosiasi tersebut.

Saat ini Iran tengah terlibat dalam dialog nuklir dengan Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, Prancis dan Jerman. Pembicaraan tersebut bertujuan untuk mencapai kesepakatan, yang akan meredakan kekhawatiran Barat bahwa Iran diam-diam mencoba mengembangkan program senjata nuklir. Sebagai gantinya, Barat akan mencabut sanksi-sanksi internasional yang diberlakukan terhadap Iran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru