Wednesday, October 16, 2019
Home > Berita > Sumbangan 20.018 Buku dari Asia Foundation akan Disalurkan ke RPTRA dan Rusun di Jakarta

Sumbangan 20.018 Buku dari Asia Foundation akan Disalurkan ke RPTRA dan Rusun di Jakarta

Plt Gubernur Djarot saat menerima sumbangan buku dari The Asia Foundation. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pemprov DKI Jakarta mendapatkan sumbangan atau donasi 20.018 buku dari The Asia Foundation. Buku-buku tersebut sebelumnya telah diseleksi pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI.

Selanjutnya buku tersebut akan didistribusikan atau disalurkan ke seluruh Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta dan enghuni Rusun.

Country Representative Tha Asia Foundation, Sandra Hamid mengatakan, donasi buku tersebut sebagai bentuk dukungan bagi pemerintah untuk mengembangkan minat baca terutama pada usia dini. Sandra menambahkan, setiap tahunnya, Asia Foundation mendonasikan 50.000 buku bacaan. Tahun ini hampir setengahnya dihibahkan ke Pemprov Jakarta.

“Sebanyak 3,5 juta buku telah didonasikan di Indonesia. Setiap tahun 50 ribu buku didonasikan, setengahnya akan kami donasikan untuk Jakarta,” ujarnya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).

Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat merasa senang dan berterima kasih atas donasi buku dari Asia Foundation. Menurutnya, bantuan ini bentuk dukungan terhadap program Pemprov DKI, dalam membangun karakter sejak dini melalui RPTRA.

Buku, katan Djarot, dapat menjadi sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini. Djarot juga meminta, RPTRA menyediakan buku-buku braile untuk mengakomodasi anak-anak dengan keterbatasan fisik, seperti tuna netra.

“Harus difasilitasi dengan infrastruktur yang baik supaya mereka sama dengan saudaranya yang normal. Buku berhuruf braile agar bisa membuka jendela dunia. Karena kita berkomitmen kepada kaum disabilitas. Kita harus membuktikan RPTRA tempat bacaan anak sehat, tempat anak, ibu dan warga membuka jendela dunia, juga untuk sarana peningkatan kualitas SDM sejak dini,” tandas Djarot.

Djarot meminta, agar buku-buku tersebut langsung didistribusikan secara merata ke seluruh RPTRA dan juga ke sejumlah rumah susun. “Ini juga akan didistribusikan ke rusun. Jadi kami menerima donasi sebanyak-banyaknya,” tutup Djarot. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru