Thursday, June 20, 2019
Home > Berita > Sulawesi Tenggara Minta Bantuan Pusat untuk Tangani Dampak Bencana

Sulawesi Tenggara Minta Bantuan Pusat untuk Tangani Dampak Bencana

Sulawesi Tenggara Minta Bantuan Pusat untuk Tangani Dampak Bencana

Sulawesi Tenggara Minta Bantuan Pusat untuk Tangani Dampak Bencana

mimbar-rakyat.com (Kendari) –  Pemerintah Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta bantuan pada pemerintah pusat menangani dampak bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan dan Kolaka Timur, serta konflik sosial di Kabupaten Buton.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi di Kendari, menyatakan permintaan itu, Rabu (12/6). “Saya selaku Gubernur Sulawesi Tenggara mewakili pemerintah daerah setempat mengharapkan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dalam rangka mempercepat penanganan bencana banjir dan tanah longsor serta konflik sosial yang terjadi,” katanya.

Berbicara saat mendampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mengunjungi Posko Logistik Bencana Korem 143/HO Kendari, dia juga meyatakan bahwa pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan masa tanggap darurat bencana alam dan konflik sosial di wilayahnya itu selama 14 hari, sejaki 10 sampai 24 Juni 2019.

“Kami yakin dan percaya Presiden RI sangat menyayangi masyarakat seluruh Indonesia, khususnya yang ada di Sulawesi Tenggara yang terkena dampak banjir,” katanya lagi seperti dikutip dari Antara News, terkait permintaan bantuan pada pemerintah pusat.

Menteri Sosial tiba di Kendari 11 Juni malam dan pada Rabu pagi menuju Posko Induk Logistik di Korem Kendari untuk menyerahkan bantuan senilai Rp 3,7 milyar serta enam kontainer bahan pokok bagi korban bencana alam dan konflik sosial.

Gubernur setempat menerima bantuan itu lalu secara simbolis dan selanjutnya menyerahkannya kepada korban bencana.

Bantuan dari Kemensos, menurut Mensos, merupakan bantuan awal, dan selanjutnya akan  diberikan lagi sepanjang pemerintah provinsi mengirimkan surat ajuan terkait kebutuhan yang mendesak.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru