Tuesday, August 11, 2020
Home > Berita > Sudah Over Kapasitas 200 Persen, Rutan Bangil Segera Dipindahkan

Sudah Over Kapasitas 200 Persen, Rutan Bangil Segera Dipindahkan

Rutan Bangil, Pasuruan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Pasuruan) – Pemkab Pasuruan dan Dirjen Pemasyarakatan sepakat memindahkan (merelokasi) Rutan Kelas II Bangil yang sekarang berada di Jalan Raya Bangil-Pandaan ke Desa Sidowayah, Kecamatan Beji, Jawa Timur. Pemindahan terkait masalah over kapasitas yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

“Tahun 2017, sekitar Januari akan dilakukan survei lokasi. Pemkab Pasuruan menawarkan lahan di Desa Sidowayah,” kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Senin (26/12).

Bupati biasa disapa Gus Irsyad ini menyatakan, Pemkab Pasuruan hanya menyediakan lahan, sementara pembangunan gedung akan dilakukan pihak Dirjen Pemasayarakatan Kemenkumham.

Saat ini kapasitas Rutan Bangil yang idealnya hanya mampu menampung 200 orang, namun jumlah warga binaan sudah mencapai 412 orang.

Kondisi overload ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, sementara pelebaran gedung rutan tak memungkinkan karena ketaktersediaan lahan.

“Over kapasitas hingga 200 persen,” kata Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Bangil Mahendra.

Dia menyambut baik rencana pemindahan rutan. Menurut dia, gedung baru yang lebih luas akan bisa menampung warga binaan.
“Yang penting lahan baru tersebut mudah menjangkau sumber air karena air merupakan kebutuhan utama. Yang ada di rutan ini kan manusia, jadi itu harus diperhatikan,” tambahnya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru